Wisata Edukasi Lepasliarkan Tukik di Tanjung Lesung Pandeglang Banten, Tawarkan Pengalaman Unik

Iskandar Nasution
Wisata Edukasi Lepasliarkan Tukik di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Wisata edukasi melepasliarkan penyu di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Partisipasi warga dalam melepasliarkan penyu jenis sisik dan Penyu hijau di pantai ini dihargai dengan pemberian sertifikat sebagai bentuk apresiasi dalam melestarikan hewan yang dilindungi dan dilarang untuk dikonsumsi.

Di musim libur panjang tahun baru 2024, para wisatawan di objek wisata Tanjung Lesung memperoleh edukasi tentang pelestarian penyu melalui kunjungan ke penangkaran penyu bernama Sahabat Penyu. Penangkaran ini memelihara dua jenis penyu, yaitu penyu sisik dan penyu hijau, yang seringkali menjadi target pemburuan oleh warga untuk telur dan dagingnya. Dengan kegiatan ini, upaya pelestarian penyu semakin mendapat perhatian dan dukungan dari pengunjung.

Habitat penyu terletak di semenanjung pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), di mana penyu bertelur dan meninggalkan sarangnya. Telur-telur Penyu yang dikumpulkan dari pantai ini dipelihara dengan baik. Setelah tukiknya mencapai ukuran yang cukup, mereka dilepasliarkan kembali ke laut sebagai bagian dari upaya menjaga keberlanjutan habitat alami penyu.

Aiman, seorang bocah pecinta penyu, mengungkapkan kebahagiannya karena sebelumnya hanya dapat melihat penyu melalui televisi. Sekarang, ia memiliki kesempatan untuk melihat langsung dan berinteraksi dengan penyu. 

"Sekarang saya bisa melihat langsung dan berinteraksi dengan penyu," ucapnya saat ditemui tim iNews  di Pantai Tanjung Lesung belum lama ini.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network