Pengepul Lobster Hidup di Binuangeun Lebak Lirik Pasar Ekspor, Harganya Menggiurkan!

Iskandar Nasution
Lobster dari Rancecet, Pandeglang dibeli oleh Pengepul Lobster di Binuangeun, Lebak, Banten. Foto iNews/Iskandar Nasution

LEBAKiNewsPandeglang.id Bisnis Lobster  tentu menjadi peluang usaha menggiurkan. Komoditas yang satu ini selain pasar lokal juga dilirik pasar ekspor.

Seperti diketahui,  Indonesia dikenal negara terbesar pengekspor lobster di dunia yang tentunya komoditas Lobster tidak dimiliki negara lainnya. Sejalan dengan itu, 
profesi pengepul lobster menjadi bisnis menggiurkan. 

Selain pasar lokal lobster hidup pun dilirik dan permintaannya meningkat  di luar negara seperti salah satunya pengepul Lobster di Binuangeun, Lebak, Banten. Permintaan lobster hidup ini membuat Yana Suryana menjelajahi pasar ekspor lobster ke Sanghai dan Hongkong.


Yana Suryana, pengepul lobster di Desa Muara Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Yana Suryana, pengepul lobster di Desa Muara Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten membeli lobster dari nelayan di wilayah Rancecet, Pandeglang, Banten dan dipasarkan ke luar negara. Tak hanya itu, pasar lokal ke ibukota Jakarta dan sekitarnya, bahkan daerah lainnya juga tidak sepi.

Saat ditemui tim iNews di kediamannya belum lama ini Yana mengaku bisnis ini dia jalani sudah 13 tahun lamanya. "13 tahunan. Saat ini kami membeli lobster hidup dari nelayan Rancecet, Alhamdulillah bulan-bulan ini permintaan juga meningkat juga dari nelayan lumayan lah," ujarnya.

Lobster yang dibeli dari nelayan mulai dari jenis lobster biasa dan lobster mutiara dan harga lobster berbeda-beda sesuai jenisnya. Bahkan di tempat Yana tersebut ada lobster mutiara  satu ekor seberat 2 kilogram, sudah pasti harganya juga bisa jebol kantong. Harga rata-rata lobster biasa 1 kg Rp500 ribu. 


Eri, pembeli lobster di pengepul saat memamerkan Lobster Mutiara seberat 2 kilogram. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Untuk harga kata Yana, meski cuaca kurang bagus  menjelang  Natal dan tahun baru seperti saat ini tak berdampak. "Kalau cuaca seperti sekarang ini gak ada dampak, standar saja. Masalah harga gak terpengaruh sih terlebih untuk ekspor seperti ke Shanghai, Hongkong. Kalau lokal kita ikutin aja" tuturnya.

Sementara Eri, salah seorang pembeli lokal yang datang langsung ke pengepul mengaku untuk dikonsumsi sendiri. Dia mengatakan bahwa di wilayah Banten Selatan saat ini lobster sedang panen.

"Alhamdulillah, memang saat ini untuk di wilayah Banten Selatan, saat ini memang sedang panen, tangkapan dari  nelayan memang cukup bagus. Ya itung-itung nambah protein protein keluarga. Alhamdulillah, kita tadi beli 2 kilogram, ya. Dengan harga 1 kilogram itu 500 ribu rupiah. Satu kilo ada 4 ekor tadi  beli 2 kilogram ada 8 ekor," katanya mengakhiri sesi wawancara.

(EG)

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network