get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PT TCI Pekerjakan 50 Warga Lokal

Demi Lobster, Nelayan Cihara Lebak Rela Berjuang Hadapi Gelombang

Senin, 11 Desember 2023 | 06:52 WIB
header img
Para Warga beraktivitas sebagi nelayan pencari Lobster di Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara, Lebak, Banten. Foto iNews/Eman

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Keberanian nelayan pencari lobster di Kecamatan Cihara yang rela menghadapi gelombang ganas dengan perlengkapan sederhana  mereka komitmen terhadap pekerjaannya. Pengorbanan ini mencerminkan tekad untuk mencari hasil tangkapan laut, meskipun dihadapkan pada kondisi cuaca yang tidak selalu bersahabat.

Sebagai nelayan di Kecamatan Cihara, Lebak, Banten, menunjukkan sejauh mana masyarakat setempat bergantung pada sektor perikanan. Aktivitas melaut sejak pagi menunjukkan komitmen mereka untuk mencari nafkah dari hasil laut. 

Diketahui, masyarakat Cihara yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, dan kebiasaan mereka berangkat melaut sejak pagi buta, menunjukan semangat kerja keras dan ketergantungan mereka pada sektor perikanan. Seperti salah satunya warga di Desa Ciparahu, Pantai Pasir Putih ini.

Cara nelayan di pantai ini menangkap lobster dengan menggunakan jaring yang dibentuk menjadi lingkaran dengan teknik penangkapan yang sederhana dan efektif. Metode ini mungkin dirancang untuk menyesuaikan dengan habitat lobster dengan harapan dapat  tangkapan yang bagus.

Pemasangan jaring dengan umpan kerang yang didiamkan di dekat bebatuan atau karang di lautan adalah strategi yang cermat. Lokasi tersebut mungkin dipilih karena merupakan habitat alami bagi lobster dan tempat di mana mereka biasanya beraktivitas. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut