Cuaca Panas, Ini 8 Tips Agar Badan Tetap Sehat dan Aman

Iskandar Nasution
8 Tips Agar Badan Tetap Sehat dan Aman saat kondisi cuaca panas salah satunya banyak minum air putih. Foto Ilustrasi/Preefik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Sebanyak 8 tips agar badan tetap sehat dan aman dalam kondisi cuaca panas akan kami ulas dalam artikel kali ini agar diketahui. Terlebih saat ini Indonesia sedang dilanda kemarau panjang di setiap wilayahnya, tak terkecuali di wilayah Provinsi Banten. 

Dari informasi yang berhasil dihimpun, menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) belum lama ini suhu udara berkisar 24-36 derajat celcius di seluruh wilayah Indonesia. Kondisi ini dipengaruhi akibat fenomena El Nino.

Kondisi cuaca panas pada saat ini jelas membuat  kita tak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Tak hanya itu, cuaca seperti itu pun bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Seperti, dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan bahkan hingga mengakibatkan hilangnya kesadaran diri seseorang (pingsan). 

So, bagaimana supaya tubuh tetap sehat dan aman saat cuaca panas yang tentunya sangat penting agar lebih meningkatkan kesehatan seperti saat ini. Berikut 8 tips agar badan tetap sehat dan aman saat cuaca panas yang berhasil dirangkum iNewsPandeglang.id dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2023) di antaranya :

1. Banyak Minum Air Putih

Dampak dari cuaca panas salah satunya adalah hilangnya cairan tubuh dengan jumlah banyak. Ya, apabila dibiarkan akan berdampak mengalami dehidrasi. Karena itu, ketika cuaca sangat panas menyengat  perbanyaklah minum air putih, diusahakan lebih banyak lagi dari biasanya. 

Dengan demikian keseimbangan cairan tubuh Anda tentunya aman dan  tetap terjaga. Batasi ataupun hindari mengkonsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yakni  memicu hilangnya cairan tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Tips selanjutnya, selain memperbanyak minum air putih, perlu juga perbanyak mengonsumsi buah-buahan ketika  cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. 

Diketahui mengkonsumsi buah-buahan manfaatnya sama halnya seperti mengkonsumsi banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

3. Gunakan Krim Pelembap

Apabila Anda melakukan aktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Karena ketika cuaca sedang panas membuat  kulit rentan mengalami kering dan iritasi.

4. Batasi Aktivitas di Luar Ruangan

Membatasi aktivitas di luar ruangan juga penting, walaupun bukan berarti Anda hanya boleh bermalas-malasan di dalam rumah  ketika cuaca sedang panas. Pagi dan sore menjelang malam adalah waktu yang bisa Anda  pilih jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Karenanya, sedapat mungkin menghindari aktivitas di siang hari ketika matahari pas terik-teriknya.

5. Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Gunakanlah pakaian yang berbahan katun dan tipis saat  cuaca sedang panas agar  dapat menyerap keringat lebih baik dan juga tidak menyimpan panas. Karena itu, tubuh akan tetap terasa dingin dan dapat beraktivitas dengan nyaman. Hindari menggunakan baju berwarna hitam atau gelap, karena dapat menyerap panas matahari.

6. Gunakan Payung dan Topi

Selain menggunakan pakaian yang berbahan katun, gunakan juga pelindung tubuh lainnya, seperti payung dan topi, jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Hal tersebut sangat bermanfaat  menghindari terpapar sinar matahari langsung pada kulit, yang bisa  menimbulkan kulit terbakar dan iritasi.

7. Jangan Terlalu Sering Mandi

Tips selanjutnya ketika cuaca panas menyengat ini tentu rasanya ingin mandi terus berulang kali, ini jangan ya. Apalagi bagi yang sedang WFH (Work from Home) atau bekerja dari rumah. Apalagi pada kenyataanya, kerap  mandi  saat cuaca sedang panas juga tidak begitu  baik. Sebab, dapat membuat kulit jadi kering. Jadi, mandilah sewajarnya saja. Jka seharian di rumah saja misalnya, mandi dua kali sehari juga cukup.

8. Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat memperparah dehidrasi. Apalagi jika Anda tidak mengimbanginya dengan mengkonsumsi banyak minum air putih dan makan-makanan sehat. Oleh karena itu, saat cuaca sedang panas, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih saja.

Itulah 8 tips agar badan tetap sehat dan aman dalam kondisi cuaca panas. Semoga bemanfaat, utamakan kesehatan!

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network