Pastikan Bebas dari Penyakit PMK dan LSD, DKPP Cilegon Sidak Pedagang Hewan Kurban

Lukman Firdaus
DKPP Kota Cilegon, Banten melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang hewan kurban memastikan Bebas dari Penyakit PMK dan LSD. Foto iNews/Lukman Firdaus

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon, Banten melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang hewan kurban. Dalam sidak ini juga, sejumah hewan kurban di Kota Cilegon diperiksa kesehatannya.

Drh. Dina Safitri/ Medik Veteriner DKPP Kota Cilegon mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan dilakukan ini untuk memastikan bahwa hewan kurban yang ada di lapak pedagang  itu aman, sehat dan layak menjadi hewan kurban.

Selain itu juga adalah upaya pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kaki (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD), dan Antraks dan penyakit lainnya di Kota Cilegon. Pemantauan diawali di Kecamatan Citangkil dan akan dilakukan ke seluruh lapak di Cilegon hingga Hari Idul Adha.

"Pengecekan kesehatan kita ini untuk memastikan hewan-hewan ternak yang ada di lapak ini aman sehat dan layak untuk menjadi hewan kurban agar konsumen masyarakat yang berminat melaksanakan ibadah kurban mendapatkan hewan yang memenuhi syarat ya baik secara kesehatan maupun syariah" ujar Drh. Dina Safitri petugas Medik Veteriner Kota Cilegon saat ditemui  di di Lapak Hewan Qurban Kang Zul Link. Babakan Turi Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak pada Rabu, (14/6/2023).


DKPP Kota Cilegon, Banten melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang hewan kurban untuk memastikan bebas dari Penyakit PMK dan LSD. Foto iNews/Lukman Firdaus

 

Menurut Dina, untuk ciri-ciri hewan yang sehat sangat mudah dilihat dari kondisi fisik seperti mata yang bersih tidak berair atau tidak mengeluarkan kotoran terlalu banyak.

Kemudian lanjut dia, juga dari hidung terlihat tidak begitu basah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan lendir. Lalu  dari kulit  tidak kusam, mengkilat tidak banyak kerontokan juga mulut lidahnya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network