Sindikat 'Bajing Loncat' yang Viral di Cilegon Akhirnya Digulung Polisi

Epul Galih
Sindikat Bajing Loncat yang Viral di Cilegon Akhirnya Ditangkap Polisi. Foto Istimewa

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Sindikat bajing loncat yang belakangan ini viral beroperasi di tengah antrean ratusan kendaraan truk muatan logistik yang hendak menyebrang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan di Jalur Lingkar Selatan, Kota Cilegon, Banten dibekuk oleh Polres Cilegon. Dua pelaku yang ditangkap polisi yaitu AR (21) warga Kecamatan Ciwandan dan MR (22).

Di antara tersangka di mata polisi bukanlah pemain baru dalam dunia kriminal bajing loncat.  Sebab, tersangka merupakan residivis dalam kasus yang sama.

Dalam melancarkan aksinya, komplotan bajing loncat ini menyasar dua truk ekspedisi pengangkut sembako dan minuman ringan, ketika  para sopir  sedang terlelap istirahat pada waktu dini hari. Tersangka menggasak truk logistik milik Lutfi salah satunya yang ditutup terpal hingga  sobek oleh sayatan benda tajam pada Minggu (15/4/2023) lalu.

Awalnya para sopir tidak menduga itu perbuatan para bajing loncat, selang dua jam kemudian kembali memeriksa muatan barangnya  saat kendaraan mulai bergerak perlahan menuju pelabuhan sudah ada hilang beberapa muatannya.


Truk korban kawanan bajing loncat di Cilegon. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro melalui Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Mochmad Nandar membenarkan kejadian tersebut, berdasarkan laporan yang diterima telah terjadi pencurian dengan pemberatan berupa 4 karung gula dari PT. SUJ, perkara penyidikan sedang ditangani oleh penyidik Polsek Ciwandan Polres Cilegon Polda Banten.

"Sesuai penyelidikan polisi,  pada Selasa 18 April 2023 sekitar pukul  01.00 - 08.00 WIB di akses jalan lingkar selatan - pintu Pelabuhan Pelindo II Ciwandan telah ditangkap 2 orang pelaku bajing loncat oleh gabungan Satreskrim Polres Cilegon dan Unit Reskrim Polsek Ciwandan" ujar Nandar Selasa, (18/4/2023).

Kata Nandar, penangkapan terhadap 2 pelaku bajing loncat yang diduga telah mengganggu keamanan dalam operasi Ketupat Maung 2023 di daerah hukum Polres Cilegon. "Modus oprandi kedua pelaku dengan cara memanjat  ke atas bak truk dan mengambil barang yang ada di atas truk," tutur Nandar.

Tersangka AR dan MR diamankan ketika  sedang mengendarai sepeda motor di wilayah Lingkungan Kubangsari Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon berikut 1 unit kendaraan R2 Yamaha warna Hitam Nopol A-4117-UN, yang kerap digunakan pelaku dalam melakukan kejahatan.

"Satgas Gakum Oprasi Ketupat Maung 2023 masih mengembangkan kelompok bajing loncat lainnya dan akan menindak tegas para bajing loncat yang menggangu arus mudik," kata Nandar tegas.

Selain itu, Satgas Gakkum melaksanakan Patroli berkala di sepanjang jalur JLS - Pelindo II Ciwandan, sejak pukul 01.00 wib - jam 06.00 WIB dan saat ini tidak ditemukan adanya kejahatan yang terjadi, situasi aman terkendali. 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network