5 Tips Ajarkan Anak Puasa Agar Terasa Lebih Menyenangkan

Epul Galih
5 Tips Ajarkan Anak Puasa Agar Terasa Lebih Menyenangkan. Foto Preefik

3. Memberikan hadiah

Nah, jika mereka sudah mau berpuaaa, berilah hadiah spesial untuk anak-anak Anda agar mereka merasa lebih tertantang untuk menjalankan ibadah puasa lebih giat lagi.

Sebagai contoh memperbolehkan mereka mengonsumsi es krim jika berhasil melakukan  puasa selama tiga hari atau satu minggu penuh. Mereka  pasti akan lebih bersemangat belajar berpuasa

4. Membuat kalendar khusus

Untuk memastikan  bahwa sang anak telah berhasil menjalankan ibadah puasa dengan lancar,  maka buatlah  kalendar khusus.

Juga bisa memberikan pernak-pernik stiker berbentuk bintang jika mereka sukses melaksanakan puasa setiap harinya. Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan semangat mereka untuk terus melanjutkan ibadah puasa.

5. Jangan lupa ajarkan nilai-nilai Islam

Sambil mengajarkan anak berpuasa, jangan lupa memberikan mereka edukasi seputar nilai-nilai keislaman, seperti mengapa umat Islam harus berpuasa dan lain sebagainya. Selain mengajarkan tentang sahur dan berbuka puasa, tidak ada salahnya mulai mengajarkan untuk membaca Alquran. 

Itulah 5 tips untuk mengjarkan anak puasa agar terasa lebih menyenangkan. Anda boleh juga melakukan hal ini secara bersama-sama, sehingga si kecil akan lebih cepat menyerapnya. Selamat mencoba semoga berhasil !

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network