Benarkah Setiap Orang Butuh Waktu Tidur 7-8 Jam Setiap Malam? Begini kata Ahli

Milati Azmiawati
Benarkah Setiap Orang Butuh Waktu Tidur 8 Jam Setiap Malam? Begini kata Ahli (Foto : Freepik)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat vital. Ada banyak artikel yang membahas soal tidur, mulai dari berapa lama tidur yang baik, seperti apa tidur yang berkualitas hingga seperti apa posisi tidur yang benar. Banyaknya informasi mengenai tidur membentuk stereotipe bahwa tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malam.

Lantas apakah benar setiap orang butuh waktu tidur 7-8 jam setiap malam? 

Dilansir dari YouTube TED pada Minggu (8/1/223), Dr. Jen Gunter mengatakan ada banyak informasi seputar tidur yang kurang akurat tersebar di internet. Misalnya, beberapa sumber mengklaim bahwa jika cara tidur yang salah dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit parah mulai dari tekanan darah tinggi hingga Alzheimer. Memang benar, waktu yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7-8 jam namun itu tidak berlaku bagi semua orang. Sebagian orang membutuhkan waktu 7-8 jam, namun ada juga yang cukup hanya dengan waktu 6 jam saja.

Pada 2019 diperkirakan 21 persen orang dewasa di Amerika Serikat menggunakan alat pemantau tidur. Mungkin memperhatikan kualitas dan kuantitas tidur menjadi sesuatu yang yang menarik untuk dicoba, namun terlalu fokus pada angka justru membuat orang menjadi terobsesi. Sehingga menimbulkan sebuah kondisi yang disebut orthosomnia, yakni perilaku impulsif untuk memenuhi waktu tidur secara sempurna. Selain itu, rasa cemas tidak tidur cukup juga membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network