Viral Kisah Perempuan Menopause di Usia 20-an, Ini Penyebabnya!

Vivin Lizetha
Anatomic Model (Foto Freepik)

Saat ini 1 dari 100 wanita di Inggris mengalami kondisi POI. Karena sudah banyak mengalaminya, banyak yang menganggap ini kondisi umum, sehingga dianggap tidak menjadi masalah serius.

Padahal dampaknya cukup serius bagi tubuh dan psikis wanita menopause dini. Soe-Myat Noe, perempuan usia 23 tahun ini misalnya.

Ia mengalami menopause dini usai menjalani perawatan kanker. Gejala yang ia rasakan seperti suara berdenging di telinga, kecemasan, dan kelelahan yang luar bisa serta datang dengan tiba-tiba.

Kondisi ini membuatnya tidak "nyambung" dengan teman-temannya terutama saat membicarakan masalah menstruasi ataupun masa subur. Saat wanita seumurannya sibuk memikirkan efek IUD dan pil KB, ia malah bingung tak bisa menstruasi.

"Semua yang terjadi pada saya, lebih banyak terjadi pada perempuan yang jauh lebih tua... Saya merasa seperti telah kehilangan sebagian besar kehidupan saya," ungkapnya dikutip dari BC.

Konsekuensi lain yang harus dialami penderita POI adalah kesakitan saat berhubungan seks dan hilangnya libido. Tentu saja akan berpengaruh pada kehidupan asmara.

Padahal remaja seusia itu biasanya tengah menggebu-gebu dalam hubungan asmara. Belum diketahui penyebab dari kondisi POI. Yang lebih menyakitkan lagi, perempuan dengan POI akan terus merasakan gejala menopause ini hingga berusia 50-an tahun.


Artikel ini juga telah tayang di halaman Okezone.com dengan judul Viral Kisah Perempuan Menopause Dini di Usia 20-an Tahun, Tak Bisa Hamil Alami!

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network