5 Sakit Perut yang Menunjukan Tanda-tanda Kehamilan, Sembelit Salah Stunya

Kiki Oktaliani
5 Sakit Perut yang Menunjukan Tanda-Tanda Kehamilan, Sembeli Salah Stunya Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Bagi para pasangan yang sudah menikah pasti menunggu tanda-tanda kehamilan, Seperti Sakit perut yang dirasakan sebagai tanda kehamilan biasanya tidak disadari oleh kebanyakan wanita. Sebab tandanya hampir serupa dengan rasa sakit dikala menstruasi melanda. Lantas adakah contoh sakit perut tanda hamil yang bisa jadi patokan untuk kaum hawa? 

Dilansir dari berbagai sumber, hingga kini belum ada gejala spesifik terkait sakit perut tanda hamil atau karena haid. Gejala keduanya sangat mirip karena pada kondisi ini terjadi peningkatan hormon progesteron. Tak heran akhirnya banyak wanita yang tak sadar kalau dirinya hamil. 

Namun terdapat beberapa cara yang bisa dijadikan contoh sakit perut tanda hamil: 

1. Perut sembelit

Contoh sakit perut tanda hamil adalah sembelit. Perubahan hormon adalah penyebab umum sembelit pada wanita. Fluktuasi dapat memperlambat pergerakan usus. Penelitian menunjukkan bahwa sembelit mempengaruhi hingga 38 persen wanita selama kehamilan, tetapi juga mempengaruhi banyak wanita sebelum menstruasi.

Wanita hamil kemungkinan besar mengalami sembelit pada dua trimester pertama. Sementara wanita dengan masalah usus terkait menstruasi biasanya mengalami kelegaan setelah menstruasi dimulai.

2. Kram perut bagian bawah

Contoh sakit perut tanda hamil salah satunya kram. Perut biasanya merasakan sakit atau kram selama 1-2 hari sebelum menstruasi dimulai. Kram pada awal kehamilan mirip dengan kram menstruasi, tetapi biasa terjadi di bagian bawah perut.

Kram ini dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan selama kehamilan, karena implan embrio dan rahim membentang. Kram perut pada awal kehamilan disebabkan karena peregangan otot dan ligamen akibat membesarnya rahim. Hal ini merupakan suatu hal yang normal, terutama pada trimester pertama kehamilan. Nyerinya pun tergolong ringan dan berlangsung cepat.

3. Sakit perut bagian kanan atau kiri bawah

Sakit perut bagian kanan atau kiri bawah, atau bahkan keduanya biasa muncul di trimester kedua atau usia kehamilan menginjak 4 bulan. Hal ini diakibatkan karena adanya peregangan pada struktur yang menopang rahim. Ligamen mengencang dan terkadang sampai menimbulkan rasa sakit.

4. Sakit perut di atas kemaluan disertai perdarahan

Contoh sakit perut tanda hamil salah satunya dirasakan persis di atas organ kemaluan. Namun, ada juga indikasi lain yang berkaitan dengan masalah kesehatan seperti radang panggul atau infeksi jamur vagina. Untuk memastikan hal tersebut, Anda perlu melakukan tes kehamilan.

5. Perut kembung

Rasa kembung pada perut ini merupakan hal yang wajar karena tubuh sedang menyesuaikan perubahan fisik dan hormon selama kehamilan. Hal ini biasanya terjadi pada usia kehamilan 2-8 minggu setelah proses pembuahan, dan akan mereda setelah memasuki trimester kedua

Contoh sakit perut tanda hamil juga dibarengi dengan gejala-gejala lain seperti:

Suasana hati (mood) yang berubah-ubah

Gejala-gejala menstruasi ini biasanya hilang begitu menstruasi dimulai. Namun, jika perubahan suasana hati terus berlanjut dan seseorang melewatkan menstruasi, hal ini bisa jadi tanda kehamilan. 

Bercak ringan atau pendarahan dapat terjadi pada awal kehamilan

Ini disebut pendarahan implantasi, dan biasanya terjadi 10-14 hari setelah pembuahan. Banyak wanita tidak mengalami pendarahan implantasi. Orang lain mungkin tidak menyadarinya.  Ini jauh lebih ringan daripada menstruasi.

PMS biasanya tidak menyebabkan bercak, meskipun menstruasi bisa sangat ringan pada hari pertama. Biasanya, pendarahan menstruasi berlangsung selama 4 atau 5 hari, dan itu menyebabkan kehilangan darah yang lebih signifikan daripada bercak implantasi.

Perubahan puting

Meskipun perubahan payudara dapat terjadi selama masa menstruasi dan kehamilan, perubahan pada puting susu jarang terjadi sebelum menstruasi. Jika areola, yaitu area berwarna di sekitar puting susu, menjadi lebih gelap atau lebih besar, ini dapat menunjukkan kehamilan.  Perubahan ini dapat terjadi sedini 1 atau 2 minggu setelah pembuahan.
 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network