Presiden Jokowi Pasang Bleketepe, Bagian dari Prosesi Pernikahan Kaesang dan Erina

Milati Azmiawati
Presiden Jokowi memasang bleketepe di atas pintu masuk rumah, sebagai isyarat prosesi pernikahan Kaesang dan Erina telah dimulai (Foto : Okezone)


JAKARTA, iNewsPandeglang.id -  Presiden Joko widodo lakukan pemasangan bleketepe pada acara siraman pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hari ini, Jumat (9/12/2022). Prosesi tersebut mengisyaratkan bahwa rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina telah dimulai.

Selain menandakan dimulainya pernikahan, pemasangan bleketepe juga bermakna sebagai tolak bala agar pernikahan yang akan dilaksanakan besok berjalan dengan lancar dan terhindar dari hal-hal buruk.

Dalam prosesi itu Jokowi menaiki anak tangga kemudian memasang bleketepe tepat di atas pintu masuk. kemudian dilanjutkan oleh Iriana menghias hasil tani dengan memasang seikat padi di atas pisang. Ditemani oleh Kahiyang dan sang suami Bobby Nasution, Iriana dan Jokowi melangkah ke dalam rumah.

Pada acara kali ini, Jokowi dan Iriana tampil dalam balutan pakaian adat Jawa dengan warna yang sangat cerah. Iriana mengenakan kebaya dengan motif bunga yang terlihat manis. 

Sementara , Erina tengah melakukan prosesi majang pasarean atau merias kamar pengantin wanita di kediamannya yang berada di kawasan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Acara tersebut juga dihadiri oleh dua tokoh wanita yaitu istri Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan juga istri dari Adipati Paku Alam X, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network