Mengenal Ciri-ciri Penyakit Jantung di Usia Muda, Mudah Lelah dan Berkeringat Dingin

Kiki Oktaliani
Mengenal Ciri-ciri Penyakit Jantung di Usia Muda, Mudah Lelah dan Berkeringat Dingin (Foto: Pulse)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Penyakit jantung adalah berbagai kondisi di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, atau stroke.

Penyakit ini termasuk kondisi kritis yang butuh penangan segera, pasalnya jantung adalah organ vital yang berfungsi untuk memompa dara ke seluruh tubuh, jika jantung mengalami masalah, maka peredaran dalam tubuh dapat terganggu.

Penyakit jantung belakangan ini tidak hanya menyerang orang tua saja, tetapi juga orang dewasa muda, remaja, bahkan anak-anak. Penyakit yang menyerang tiba-tiba ini juga sangat berbahaya.

Oleh karena itu perlu diketahui lebih dini ciri-ciri sakit jantung usia muda.  Penyakit jantung pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor risiko. Penderita bisa terkena serangan jantung, karena beberapa faktor antara lain tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, jarang berolahraga, terlalu sering duduk serta faktor lainnya.

Untuk itu para pakar kesehatan kerap menyarankan anak muda lebih sering bergerak ketimbang duduk diam sambil bekerja. Penasaran apa saja ciri-ciri sakit jantung usia muda?  Berikut rangkuman iNews.id tentang ciri-ciri sakit jantung usia muda, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022): 

1. Keringat dingin

dalam jumlah banyak Apabila Anda memiliki keringat dingin dalam jumlah banyak tanpa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, atau cuaca panas atau dingin, hal ini bisa jadi salah satu ciri penyakit jantung. 

2. Susah bernapas

Ciri-ciri sakit jantung usia muda adalah susah bernapas. Mengapa? Hal itu disebabkan aliran darah yang tidak lancar dan susah untuk bernapas. Sesak napas yang diikuti dengan nyeri dada menguatkan diagnosis penyakit jantung. Harus diwaspadai sesak napas tak hanya terjadi ketika melakukan aktivitas berat, tetapi juga bisa muncul ketika berbaring. Gejala seperti ini biasanya dirasakan oleh orang yang mengalami gagal jantung.


3. Tubuh terasa lelah dan lemas

 Ciri-ciri sakit jantung usia muda ketika tubuh mudah lelah dan lemas setelah melakukan aktivitas normal. Dalam kondisi tersebut, Anda akan merasa terengah-engah, badan terasa lemas, serta merasakan kelelahan yang tidak biasa.

4.Nyeri dada hingga lengan, rahang dan punggung.

 Ciri-ciri sakit jantung usia muda yakni muncul nyeri dada yang disebut juga dengan angina. Umumnya dirasakan pada dada sebelah kiri. Munculnya angina disebabkan oleh otot jantung yang tidak memperoleh cukup darah dan oksigen. Penderitanya akan merasakan sensasi dada seperti ditekan atau diremas.

5 .Mata berkunang-kunang

Ciri-ciri sakit jantung usia muda yakni mata yang berkunang-kunang disertai dengan lemas, pusing, dan gemetar. Bahkan jantung ikut berdebar-debar yang disebabkan tekanan darah rendah. Agar terhindar dari serangan jantung sejak dini, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat. Ada banyak faktor eksternal yang mempengaruhi kesehatan jantung.

Salah satunya adalah dengan menjauhi rokok, menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah di level normal. Selain itu dengan berolahraga secara rutin, menjaga berat badan serta mengendalikan stres dapat melindungi Anda dari sakit jantung di usia muda. Itulah ciri-ciri sakit jantung usia muda yang bisa Anda waspadai.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network