Kamu Harus Tahu! Inilah Negara-negara yang Punya Pertumbuhan Populasi Islam Tercepat di Dunia

Milati Azmiawati
Inilah Negara-negara yang Punya Pertumbuhan Populasi Islam Tercepat di Dunia. Foto : freepik/rawpixel.com

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Islam adalah agama terbesar kedua di dunia yang pertumbuhannya begitu cepat. Saat ini pemeluk agama Islam tersebar di  50 negara yang ada di benua Asia, Afrika, Australia, Amerika hingga Eropa.

Menurut sejarah penyebaran Islam dimulai sejak abad 7 sebelum masehi, sampai saat ini penganutnya mencapai 1,9 miliar orang. Diantara 50 negara dengan mayoritas penduduk muslim di dunia, ada beberapa negara yang pertumbuhan populasi Muslimnya lebih cepat dibanding negara-negara lain.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut negara yang punya pertumbuhan muslim paling cepat di dunia.

 

1. Amerika

Pertumbuhan populasi muslim di Amerika meningkat secara drastis pada abad ke 20. Menurut prediksi, jumlah muslim di Negeri Paman Sam ini akan  bertambah dua kali lipat, dimana awalnya berjumlah 2,6 juta jiwa atau sekitar 0,8 persen dari total populasi pada 2010, bertambah menjadi 6,7 juta atau sekitar 1,7 persen  pada 20 tahun yang akan datang.

Pemeluk Islam di Amerika merupakan imigran yang berasal dari negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sehingga angka kelahiran penduduk muslim di sana turut berperan pada perkembangan populasi Islam di Amerika. Di sisi lain, Amerika merupakan negara yang memberi kebebasan pada warganya untuk memilih agama apapun sehingga banyak pula non muslim yang tertarik untuk mendalami ajaran Islam dan menjadi mualaf.

 

2. Kanada

Estimasi pertumbuhan jumlah penduduk Muslim di Kanada diprediksi akan meningkat 3 kali lipat. Dimana pada 2010 jumlahnya adalah satu juta penduduk atau sekitar 3,2 persen total populasi di Kanada, menjadi 2,7 juta  penduduk yang memeluk agama Islam pada tahun 2030  mendatang.

Awalnya jumlah muslim di Kanada sekitar 579.740 orang atau sekitar 1 persen  total populasi pada 2001, namun jumlah tersebut terus meningkat. Tak bisa dipungkiri, pertumbuhan Muslim di Kanada dipengaruhi adanya arus imigrasi yang deras selama 20 tahun terakhir.

 

3. Rusia

Rusia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di eropa. Kecepatan pertumbuhan populasi Muslim di negara ini dipengaruhi oleh banyaknya pendatang yang beragama Islam dari Asia Tengah dan juga tingginya tingkat kelahiran dalam sebuah keluarga Muslim di Rusia. Sebagian besar penduduk Muslim di negara ini tinggal di Kota Moskow dan juga kota-kota besar lainnya. 

Menurut perkiraan, populasi Muslim di Rusia akan meningkat dari total sekitar 16.4 juta menjadi 18,6 juta orang. Dimana tingkat pertumbuhan setiap tahunnya naik sekitar 0,6 persen, terbilang rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan Muslim di negara-negara lainnya.

 

4. Israel 

Islam di Israel merupakan agama terbesar kedua di negara tersebut. Jumlah penduduk Islam di Israel sekitar 600 ribu orang pada 1990, kemudian jumlahnya meningkat menjadi 1,3 juta orang pada 2010. 

Populasi Muslim di negara ini diprediksi akan mengalami peningkatan dua kali lipat, dari total 17,7 persen pada 2010 menjadi 23 persen pada 2030.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network