Buah-buahan yang Paling Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Laras
Buah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes (Foto: Ilustrasi)


JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Bagi anda yang penderita diabetes tentu harus menjaga asupan makanan yang masuk, sehingga tidak berbahaya untuk tubuh. Nah, salah satu yang harus dihindari adalah asupan gula.

Mungkin sebagian orang mengira asupan gula tersebut berasal dari minuman seperti es teh manis atau sirup, atau bahkan dari nasi. Tapi faktanya, buah yang disebut sehat juga memiliki gula, dan menjadi salah satu makanan yang harus diwaspadai bagi pengidap diabetes.


 (Foto: Okezone)

"Seperti makanan apapun dalam diet diabetes, Anda harus pintar menghitung karbohidrat melacak apa yang Anda makan serta ukuran porsi adalah kuncinya," demikian seperti dilansir dari everydayhealth.

Lantas adakah buah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes?, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Jeruk

Salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah jeruk. Buah yang terjangkau dan mudah ditemukan ini, ternyata aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Makan satu jeruk akan mendapatkan 78 persen vitamin C dari Anda butuhkan dalam sehari (ada 70 mg C dalam satu buah ukuran sedang). Menurut USDA buah menyegarkan ini hanya mengandung 15 g karbohidrat dan 62 kalori.

"Konsumsilah buah secara utuh, dalam bentuk alami, dan hindari sirup atau buah olahan dengan tambahan gula ini cenderung meningkatkan gula darah Anda," keterangan Everydayhealth.

Aprikot

Selanjutnya ada apricot, Salah satu buah yang kurang familiar bagi masyarakat Indonesia. Aprikot adalah buah pokok musim panas yang manis dan tambahan yang bagus untuk rencana makan diabetes anda

Aman dikonsumsi karena satu aprikot hanya memiliki 17 kalori dan 4 g karbohidrat, per USDA . Empat aprikot segar menyediakan 134 mikrogram (mcg) kebutuhan vitamin A harian yang merupakan 15 persen dari DV Anda. Permata buah ini juga merupakan sumber serat baik .

Berry

berikutnya Berry, buah expert yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Menurut American Diabetes Association (ADA), buah beri adalah makanan super karena dikemas dengan antioksidan dan serat. Bahkan satu cangkir blueberry segar memiliki 84 kalori dan 21 gram (g) karbohidrat, menurut Departemen Pertanian AS (USDA).

Jika tidak dikonsumsi secara fresh, anda dapat mencoba buah beri dalam parfait, lapisi buah-buahan dengan yogurt tanpa lemak. Ini bisa menjadi makanan penutup atau sarapan yang enak untuk diabetes.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network