Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Malang Raya yang Menarik Dikunjungi saat Liburan

Asthesia Dhea Cantika
Wisatawan berpose di Batu Flower Garden, Kota Batu, Jawa Timur (Instagram @batuflowergarden.cobanrais)

iNewsPandeglang.id - Mengulas 20 tempat wisata di Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, Jawa Timur. Pilihannya beragam mulai dari wisata alam yang memukau, pantai cantik, taman indah, dan lainnya.

Malang Raya berada di kawasan dataran tinggi sehingga memiliki beragam tempat wisata yang indah. Wisata alam yang ada pun cukup beragam dengan panorama yang sangat memukau.

Berikut 32 objek wisata di Malang Raya

1. Bukit Teletubbies Batu

Bukit Teletubbies Batu berlokasi di Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tempat ini dinamai Bukit Teletubbies Batu lantaran permukaan tanah di

2. Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah berlokasi di kawasan Putuk Utara, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Malang. Wisatawan dapat melihat ekosistem bawah air seperti ikan-ikan, tumbuhan, dan bebatuan tanpa harus menyelam. Pengunjung juga bisa snorkeling di tempat ini, namun harap berhati-hati lantaran kedalamanya berbeda, mulai dari 0,8 hingga 1,5 meter.

3. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang memiliki banyak batu karang berbagai ukuran. Pantai ini memiliki cekungan batu sedalam 1,5 meter berisi air di tepi pantai yang bisa digunakan untuk berenang. Lokasinya di Desa Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang.

4. Taman Slamet

Taman Slamet adalah tempat wisata yang memiliki desain modern dengan instalasi enam gunung. Yakni, Gunung Arjuno, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Kelud, dan Gunung Panderman, yang bermakna bahwa Kota Malang dikelilingi oleh banyak gunung. Lokasinya ada di Jalan Taman Slamet Nomor 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

5. Lembah Indah Malang

Lembah Indah berlokasi di kaki Gunung Kawi, tepatnya di Desa Belasari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Tempat wisata ini menawarkan panorama pedesaan dan perbukitan yang memukau mata dengan fasilitas yang bisa digunakan adalah glamping (glamour camping).

6. Coban Rais

Coban Rais adalah wisata Malang Raya berupa air terjun yang lokasinya berada di tengah hutan, tepatnya di Dusun Dresel, Desa oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Pengunjung bisa menikmati alamnya dan melihat air terjun setinggi 20 meter dengan aliran yang deras dan pemandangan indah.

7. Kampung Jodipan

Kampung warna-warni yang ada di Kelurahan Jodipan termasuk salah satu tempat wisata populer di Kota Malang. Ada ratusan rumah yang dicat warna-warni yang membuatnya tampak Instagramable dan bagus untuk latar foto. Lokasinya ada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

8. Kampoeng Heritage Kajoetangan

Tempat wisata yang ada di Jalan Arif Rahman Hakim gg II, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang ini kerap dijadikan tempat berfoto ala zaman dahulu. Kampoeng Heritage Kajoetangan memiliki sejumlah bangunan kuno dengan arsitektur bergaya Belanda yang masih terawat dan asli.

9. Taman Trunojoyo

Lokasinya yang cukup strategis, berada di dekat Alun-alun Tugu dan Balai Kota Malang membuat tempat wisata Malang Raya ini ramai dikunjungi. Taman Trunojoyo yang memiliki nama lain Taman Bentoel Trunojoyo atau Taman Cerdas Trunojoyo ini dilengkapi fasilitas lengkap. Lokasinya ada di Jalan Trunojoyo, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

10. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark termasuk taman air yang punya memiliki luas mencapai 5 hektar dengan 12 wahana air spektakuler. Lokasinya di Jalan Graha Kencana Raya, Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

11. Bukit Nirwana

Tempat wisata satu ini cukup spesial lantaran menawarkan pemandangan 10 gunung. Lokasinya yang ber di ketinggian membuat pengunjung dengan mudah menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam. Lokasinya di Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

12. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) adalah tempat wisata Malang Raya yang terkenal lantaran punya banyak wahana seru. Mulai dari perang laser, rumah hantu, roller coaster, hingga studio 4D.

Ada juga spot foto berupa balon udara, menara Eiffel, dan kereta Cinderella di taman lampion. Lokasinya di Jalan Hayam Wuruk Nomor 1, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

13. Bukit Delight

Tempat wisata satu ini adalah restoran yang memiliki desain unik, terutama area outdoor-nya yang dikelilingi pepohonan. Terdapat pula kursi, meja dan alas tikar di area outdoor-nya. Lokasinya di Jalan Joyo Agung Nomor 1, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

14. Jatim Park 1

Jawa Timur (Jatim) Park 1 termasuk tempat wisata yang menawarkan berbagai macam wisata edukasi dan wahana bermain. Ada ulai dari taman fisika, taman sejarah, galeri etnik, Himalaya Coaster, Sky Swinger, Funtastic Swimming Pool, Gold Mining Coaster, Flying Tornado dan masih banyak lagi. Lokasinya ada di Jalan Kartika dua Kota Wisata Batu, Kota Batu.

15. Jawa Timur Park 2

Ada lagi Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu ini juga di bawah naungan PT Jawa Timur Park Group. Berbeda dengan Jatim Park 1, tempat wisata satu ini lebih condong ke tempat wisata bertema edukasi. Terdapat tiga tempat wisata utama, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

16. Jatim Park 3

Jatim Park satu ini memiliki berbagai wahana dengan tema unik baik wahana hiburan hingga edukasi. Mulai dari Dino Park, Museum Musik Dunia, Zona Japan, The Legend Stars, Millennial Glow hingga Funtech Plaza.

17. Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak yang berada di Brau, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu ini punya konsep menarik, yakni terkait tujuh cahaya cakra manusia, yang digambarkan dengan dua patung perempuan yang dimaksudkan sebagai bidadari. Tempat wisata satu ini kerap menjadi spot foto.

18. Paralayang Gunung Banyak

Paralayang Gunung Banyak adalah tempat wisata yang mulanya digunakan sebagai landasan take off untuk para atlet paralayang. Letaknya di Gunung Banyak teatnya di ketinggian 1.326 meter di atas permukaan laut (mdpl). Yakni di Jalan Gunung Banyak, Songgokerto, Batu, Kota Batu.

19. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo menawarkan pemandangan air terjun dan lanskap alamnya yang luar biasa. Berlokasi di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang air terjun ini memiliki jarak tempuh dari area parkir kendaraan hanya sekitar 200 meter.

20. Pantai Bajulmati

Pantai yang memiliki banyak cekungan ini dinamai Bajulmati lantaran adanya gugusan bukit mirip biawak mati jika dilihat dari jauh. Lokasinya ada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network