Sosok Pangeran Charles Jadi Raja Tertua di Inggris, Naik Tahta Usia 73 Tahun Gantikan Ratu Elizabeth

Hikmatul Uyun
sosok Pangeran Charles atau Raja Charles III - jadi raja tertua di Inggris naik tahta di usia 73 tahun

LONDON, iNewsPandeglang.id -  Akhirnya Pangeran Charles menjadi Raja Inggris menggantikan Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022.

Menurut laporan Insider yang dikutip Jumat (9/9/2022), Pangeran Charles kini menjadi raja tertua dalam sejarah Inggris yang naik tahta pada usia 73 tahun.

Raja tertua sebelumnya dalam sejarah Inggris berasal dari tahun 1830 ketika Raja William IV naik tahta pada usia 64 tahun.

Lantaran akan menjadi Raja Inggris, Pangeran Charles akan mengubah namanya menjadi Raja Charles III.

Lantas siapakah Pangeran Charles ini? Berikut penjelasan soal prosil Pangeran Charles yang menjadi Raja tertua dalam sejarah Inggris.


Pangeran Charles sebagai raja baru Raja Charles III

Diketahui, Pangeran Charles sudah menjadi putra mahkota selama 70 tahun yang merupakan waktu penantian terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris.

Perdana Menteri Inggris sudah mengumumkan soal penobatan Pangeran Charles menjadi Raja Inggris selanjutnya gantikan Ratu Elizabeth II.

Di akhir pengumumannya, PM Inggris itu menyebut kata-kata 'God save the king', atau Tuhan selamatkan raja utnuk Pangeran Charles.

"Hari ini mahkota itu diberikan, seperti yang telah terjadi selama lebih dari 1.000 tahun, kepada raja baru kita - kepala negara baru kita - Yang Mulia Raja Charles III," kata Perdana Menteri Inggris Liz Truss saat berbicara kepada bangsa.

"Bersama keluarga raja, kami berduka atas kehilangan ibunya, dan saat kami berduka, kami harus bersatu sebagai rakyat untuk mendukungnya," kata Truss.

"Kami mengantarkan era baru dalam sejarah megah negara besar kami, persis seperti yang diinginkan Yang Mulia Ratu, dengan mengucapkan kata-kata, 'God Save the King'."

Dalam pernyataan pertama yang dikeluarkan oleh Raja Charles III sebagai Raja, dia menyebut kematian Ratu Elizabeth sebagai "momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya."

"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai," lanjutnya.

Sosok Pangeran Charles

Charles Philip Arthur George lahir di Istana Buckingham, London pada 14 November 1948 pada masa kekuasaannya. Ia adalah anak sulung dan putra pertama Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Pangeran Charles sudah menjadi putra mahkota sejak lahir. 

Sebagai putra bmahkota, gerak-gerik Pangeran Charles selalu menjadi sorotan, termasuk soal kisah asmaranya, dengan Putri Diana atau Diana Spencer dan Camilla.

Pengeran Charles dan Putri Diana sudah saling kenal ketika masih muda tetapi diperkenalkan kembali pada akhir 1970-an. Charles dan Diana muda yang lagi dimabuk cinta bertunangan pada Februari 1981. Perbedaan usia 13 tahun tidak menyurutkan niatnya. Keduanya menikah pada 29 Juli 1981.


Ratu Elizabeth II dan Pangeran Charles. Foto/The Guardian

Upacara pernikahannya berlangsung sangat mewah dan dinikmati di seluruh dunia, ditonton jutaan orang. Charles dan Diana dikaruniai dua anak, yakni Pangeran William Arthur Philip Louis, dan Pangeran Henry ‘Harry’ Charles Albert David.

Sayangnya, cinta mereka tidaklah seindah dalam dongeng ala pangeran dan putri,

Dilaporkan Pangeran Charles balikan lagi dengan mantan kekasihnya, Camilla Parker Bowles, saat masih menikah dengan Putri Diana.

Akibatnya, Pangeran Charles dan Putri Diana resmi berpisah pada tahun 1992 dan bercerai pada tahun 1996. Kemudian Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil di tahun 1997.

Beberapa tahun setelah kematian Putri Diana, Pangeran Charles menikahi Camilla Parker Bowles pada 9 April 2005. Dinikahi oleh Pangeran Charles, Camilla menyandang gelar Duchess of Cornwall.

Editor : Hikmatul Uyun

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network