BMKG Sebut Musim Penghujan Datang di Bulan September Mendatang

Rekha Rakhma
ilustrasi cuaca (Dok. iNews.id)

Pandeglang, iNewsPandeglang.id - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),  Dwikorita Karnawati memastikan prakiraan musim hujan periode tahun 2022-2023 yang dilakukan BMKG akan semakin tepat dan akurat.

Hal itu dipastikan Dwikorita lantaran pihaknya telah menggunakan zona musim terupdate (ZOM9120), hasil kegiatan pemutakhiran zona musim berdasarkan normal curah hujan periode 1991-2020.

"Pemutakhiran Zona Musim ini adalah untuk membentuk tolok ukur atau referensi yang dapat digunakan secara luas terhadap kondisi iklim terkini di masing-masing wilayah di seluruh Indonesia. Insya Allah, data dan informasi yang dihasilkan BMKG akan semakin lebih handal, lebih tepat, dan lebih akurat," ungkap Dwikorita dalam keterangannya dikutip, Kamis (4/8/2022).

Dwikorita juga mengingatkan kepada seluruh jajaran BMKG untuk memerhatikan instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta BMKG untuk meningkatkan adaptasi teknologi agar observasi, analisis, prediksi dan peringatan dini yang disampaikan dapat lebih cepat dan akurat. "Hal ini penting karena data, informasi, dan peringatan yang dikeluarkan BMKG, oleh Presiden, juga diminta menjadi rujukan pengambilan keputusan jajaran pemerintah di berbagai sektor," kata dia.

Sementara itu, Plh Plt Deputi Klimatologi BMKG, Dodo Gunawan mengatakan awal musim hujan 2022-2023 diprakirakan terjadi di bulan September-November dengan puncaknya diprakirakan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Dodo menuturkan prakiraan musim hujan yang dikeluarkan BMKG ini dapat dimanfaatkan oleh stakeholder di pusat maupun daerah sebagai pedoman perencanaan kegiatan di berbagai sektor, seperti awal musim tanam, termasuk antispasi potensi kebencanaan.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network