get app
inews
Aa Read Next : Sengketa Pilpres 2024, MK Tolak Gugatan Anies-Cak Imin

Inilah 2 Gubernur Jakarta yang Ikonik dan Berasal dari Tanah Sunda, Siapa dan Apa Prestasinya?

Rabu, 09 Oktober 2024 | 22:47 WIB
header img
Gubernur Jakarta yang berasal dari Tanah Sunda, Ali Sadikin dan Anies Baswedan. Foto Istimewa

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Jakarta, sebagai ibu kota negara, telah dipimpin oleh berbagai tokoh dengan latar belakang yang beragam. Namun, hanya sedikit yang mengetahui bahwa dua di antara mereka lahir dari Tanah Sunda, sebuah wilayah yang dikenal kaya akan budaya dan sejarah. 

Siapa saja mereka, dan bagaimana kontribusi mereka dalam membangun Jakarta menjadi kota megapolis yang kita kenal saat ini?. Berikut ini adalah gambaran mengenai kedua gubernur ikonik tersebut.

1. Letjen KKO (Purn) Ali Sadikin

Lahir di Sumedang, Jawa Barat, pada 7 Juli 1926, Ali Sadikin dikenal sebagai gubernur yang tegas dan tanpa kompromi. Menjabat dari 28 April 1966 hingga 11 Juli 1977, ia dikenang karena berbagai terobosan dan pembangunan yang dilakukannya selama masa kepemimpinannya. Di bawah kepemimpinannya, Jakarta mengalami transformasi yang signifikan.

Ali Sadikin dikenal telah mewujudkan berbagai proyek monumental, termasuk pembangunan Taman Ismail Marzuki, Kebon Binatang Ragunan, dan Taman Impian Jaya Ancol. Keberaniannya dalam mengambil keputusan dan ketegasannya dalam menegakkan aturan menjadikannya sosok yang disegani. Setelah pensiun, Ali Sadikin meninggal dunia pada 20 Mei 2008 di Singapura, namun prestasinya terus dikenang dan dijadikan contoh dalam pengelolaan kota.

2. Anies Rasyid Baswedan

Kelahiran Kuningan, Jawa Barat, pada 7 Mei 1969, Anies Baswedan adalah gubernur yang menjabat dari 16 Oktober 2017 hingga 16 Oktober 2022. Meskipun lahir di Tanah Sunda, ia dibesarkan di Yogyakarta, namun tetap membawa nilai-nilai budaya Sunda dalam kepemimpinannya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut