get app
inews
Aa Read Next : Merespon Warga Miskin Usai Viral Kondisi Rumahnya Reyot, Dinsos Lebak Turun Beri Bantuan

Tak Tersentuh Bantuan, Keluarga Miskin di Lebak Tinggal di Rumah Hampir Roboh

Senin, 02 September 2024 | 21:34 WIB
header img
Sebuah keluarga miskin di Kampung Sampay Kidul, Desa Suka Rendah, Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak, Banten hidup dalam kondisi memprihatinkan, mereka tinggal di rumah hampir roboh. Foto iNews/Sopian Sauri

LEBAK, iNewsPandeglang.id Sebuah keluarga miskin di Kampung Sampay Kidul, Desa Suka Rendah, Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak, Banten hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Mamit (59), bersama istri dan anaknya, telah tinggal selama 15 tahun di rumah yang hampir roboh.

Dari pantauan di lokasi pada Senin (2/9/2024), rumah mereka berdinding anyaman bambu dan beralaskan tanah, dengan penopang kayu yang sudah keropos. Keadaan ini membuat rumah mereka sangat rentan roboh, terutama saat hujan deras.


Rumah Mamit dan Keluarga, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) berdinding anyaman bambu dan beralaskan tanah, dengan penopang kayu yang sudah keropos. Foto iNews/Sopian Sauri

 

Mamit yang bekerja sebagai petani penggarap sawah milik orang lain dengan penghasilan bagi hasil, tidak mampu memperbaiki rumahnya. Selain itu, keluarga ini juga mengalami kesulitan air selama musim kemarau, dengan kamar mandi yang hanya berdinding baliho tanpa atap.

Meskipun sudah tinggal selama 15 tahun di rumah tidak layak huni ini, mereka belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Mamit mengungkapkan, meskipun pernah ada kunjungan dari pihak desa, tidak ada tindakan nyata yang diambil untuk membantu mereka. Bahkan, tawaran renovasi rumah datang dengan syarat Mamit harus menyediakan dana Rp5 juta, yang jelas tidak mampu mereka penuhi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut