get app
inews
Aa Read Next : Lirik Lagu Hari Merdeka 17 Agustus Berikut Sejarah dan Makna

Sosok Husein Mutahar : Pencipta Lagu Hari Merdeka dan Bapak Paskibra, Keturunan Rasulullah SAW

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 09:15 WIB
header img
Husein Mutahar, Pencipta Lagu Hari Merdeka dan Bapak Paskibra, Keturunan Rasulullah SAW. (Foto:Dok/Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sosok Husein Mutahar, pencipta Lagu Hari Merdeka akan kami ulas dalam artikel kali ini untuk diketahui. Husein Mutahar, atau Habib Muhammad Husein bin Salim al-Mutahar, adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia.

Husein Mutahar,  tidak hanya berperan dalam perjuangan kemerdekaan tetapi juga berkontribusi besar dalam bidang seni dan pendidikan. Mengutip iNews.id yang melansir laman jabarprov, berikut ulasannya:

Keturunan Rasulullah SAW

Husein Mutahar lahir pada 5 Agustus 1916 di Semarang, Jawa Tengah, dari keluarga yang memiliki garis keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW. Latar belakang keluarganya yang religius dan terpandang menjadikannya seorang tokoh dengan pemahaman agama yang kuat dan semangat nasionalisme yang tinggi.

Perjuangan Kemerdekaan

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, Mutahar terlibat aktif dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Salah satu momen penting adalah ketika ia menyelamatkan bendera pusaka Merah Putih saat Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947. 

Atas perintah Presiden Sukarno, Mutahar memisahkan bendera tersebut menjadi dua bagian, merah dan putih, untuk diselamatkan. Tindakannya ini memastikan bendera pusaka tetap dapat dikibarkan pada peringatan Hari Kemerdekaan tahun berikutnya seperti dikutip dari ditsmp.kemendikbud.go.id.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut