get app
inews
Aa Read Next : Sabet 2 Medali Emas, Kontingen Taekwondo Polda Banten Berhasil Keluar Sebagai Juara

Kenapa Hari Bhayangkara Diperingati Setiap 1 Juli? Ini Dia Sejarahnya

Senin, 01 Juli 2024 | 06:08 WIB
header img
Hari Bhayangkara diperingati setiap tanggal 1 Juli sebagai penghormatan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) atas peran dan dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia. (Foto : Okezone)

Penetapan Tanggal 1 Juli

Pada 19 September 1945, Presiden Soekarno melantik R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo sebagai Kepala Kepolisian Negara. Awalnya, kepolisian berada di bawah Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi. Namun, melalui Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946, Djawatan Kepolisian Negara mulai 1 Juli 1946 bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. 

Tanggal 1 Juli ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara untuk memperingati pengakuan resmi kepolisian yang bertanggung jawab langsung kepada pemerintah, mencerminkan kemandirian dan peran penting Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

Hari Bhayangkara setiap tahun diperingati dengan berbagai kegiatan untuk mengenang sejarah dan jasa-jasa kepolisian dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut