get app
inews
Aa Read Next : Rutin Bagikan Masker Gratis, PT Sino: Semoga Bisa Mengurangi Efek Debu Imbas Proyek Jalan Tol

Anak Jadi Korban Bullying di Sekolah, Orangtua Perlu Lakukan 5 Hal Ini

Senin, 27 Mei 2024 | 11:58 WIB
header img
Anak Jadi Korban Bullying di Sekolah, Orangtua Perlu Lakukan 5 Hal Ini. Foto Ilustrasi/Preefik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Bagi sebagian orangtua, kekhawatiran muncul saat mengetahui anaknya mengalami bullying di sekolah. Ketika anak terus-menerus mendapatkan tekanan, perkembangan sosial dan emosionalnya dapat terganggu.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak yang menjadi korban bullying sebagaimana dikutip dari MagforWoman antara lain: 

1. Jangan Jadikan Anak Individualis
Saat anak Anda menjadi korban bullying, hindari menjadi terlalu over protektif. Memang bullying menyakitkan bagi Anda dan anak, tetapi terlalu berlebihan dalam melindungi anak dapat membuatnya menjadi individualis. Sebaliknya, ajarkan anak untuk tetap bersosialisasi dengan baik.

2. Jangan Menyalahkan Anak
Jika anak menjadi korban bullying, jangan pernah menyalahkan dirinya. Beberapa orangtua mungkin tanpa sengaja menyalahkan anak atas kejadian yang sebenarnya bukan salahnya. Ini dapat menurunkan harga diri anak dan membuatnya merasa bahwa orangtuanya tidak adil.

3. Jauhkan Anak dari Tempat-tempat Ramai
Jika anak sering mengalami bullying di tempat ramai seperti kantin sekolah, sarankan agar dia menjauhi tempat tersebut. Bawakan bekal makanan dari rumah dan coba untuk makan di dalam kelas. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut