get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Terkait Layanan Arus Mudik Lebaran 2024, Begini Tanggapan Ketua Gapasdap Merak

Kamis, 18 April 2024 | 18:26 WIB
header img
Pelabuhan Merak. Foto dok/Istimewa

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Ketua DPC Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Ferry (Gapasdap) Cabang Merak, Togar Napitupulu, memberikan tanggapannya terkait kisruh layanan arus mudik 2024 di Pelabuhan Merak.

Pria yang juga dikenal sebagai Opung Togar, menegaskan bahwa layanan angkutan penyeberangan antara Merak dan Bakauheni merupakan satu kesatuan atau sistem dan keberhasilan atau kegagalan di salah satu pelabuhan akan mempengaruhi pelabuhan lainnya. 

"Pelayanan angkutan penyeberangan Merak-Bakauheni itu satu kesatuan atau sistem, jadi keberhasilan atau kegagalan Merak atau sebaliknya Bakau adalah supporting dari pengelolaan dua pelabuhan ini," ujar pria pengusaha yang telah  berkecimpung  kurang lebih 40 tahun di Pelabuhan Merak ini, Kamis (18/4/2024).

Togar Napitupulu menjelaskan perbedaan antara arus mudik dan arus balik secara psikologis, di mana orang cenderung lebih tergesa-gesa saat arus mudik untuk dapat merayakan Lebaran di rumah mereka. "Saya tahu persis pola pergerakan arus mudik dan arua balik. Memang sulit kalau mau membandingkan layanan angleb Merak dan Bakau, pertama pergerakan arus mudik itu semua orang pingin tiba cepat dan bisa lebaran di rumahkarena lebaran tidak bisa ditunda bos..haha," ujarnya khas dengan logat bataknya.

"Bayangin saja kalau semua berdatangan secara bersamaan dalam jumlah besar kan repot,  namun puji Tuhan nyatanya tidak ada satupun pemudik yang lebaran di jalan tuh?," sambungnya.

Togar juga membandingkan secara teknis operasional antara Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak, menyebutkan bahwa Pelabuhan Bakauhrni lebih siap karena memiliki fasilitas yang mendukung dan akses yang lebih lancar. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut