get app
inews
Aa Read Next : Ayo Semangat! Usir Malas Bekerja, Begini Kiat-kiat Agar Kembali Produktif usai Libur Lebaran

Waspada Asam Urat Kambuh saat Lebaran, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Rabu, 10 April 2024 | 11:22 WIB
header img
Penderita Asam Urat wajib mengindari beberapa makanan dan Minuman yang tinggi purin saat lebaran. Foto ilustrasi Freepik

Selain itu, obat-obatan dan perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan dan mengurangi konsumsi caffein juga dapat membantu mengelola kondisi ini.

Sebaiknya penderita asam urat menghindari 7 hidangan Lebaran berikut:

Daging Merah : Seperti daging sapi dan kambing yang tinggi purin.

Seafood: Seperti udang, kerang, dan cumi-cumi yang juga mengandung purin tinggi.

Makanan yang Mengandung Ragout: Ragout dari kaldu daging atau tulang dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

Minuman Bercafein dan Alkohol: Minuman seperti kopi dan teh mengandung zat purin, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil dibandingkan dengan makanan seperti daging merah atau makanan laut. Namun, bagi beberapa orang yang sensitif terhadap asam urat, konsumsi kopi dan teh dalam jumlah besar dapat berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. 
Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan dehidrasi, yang dapat membuat tubuh sulit mengeluarkan asam urat. Hindari minuman berkafein selama liburan Lebaran dan gantilah dengan air putih atau jus buah yang segar. Bir dan anggur dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
 
Makanan Tinggi Gula: Seperti kue kering dan makanan manis lainnya yang dapat meningkatkan risiko obesitas dan resistensi insulin.

Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh: Seperti gorengan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan risiko penyakit jantung.

Makanan Proses: Makanan kaleng, instan, dan siap saji seringkali mengandung bahan tambahan kimia dan pengawet yang dapat memicu serangan asam urat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut