get app
inews
Aa Read Next : H-3 Lebaran, Pelindo Regional 2 Banten Terima Kunjungan Menko PMK dan Menhub, Ini yang Dibahas

Tim Medis Ungkap Pemudik Sepeda Motor di Pelabuhan di Banten Banyak Terkena ISPA

Selasa, 09 April 2024 | 10:10 WIB
header img
Antrean pemudik sepeda motor pada akan memasuki kapal di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten pada Mudik Lebaran 2024. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Sejumlah pemudik sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, mengalami kelelahan, ISPA, dan gastritis. Bahkan, di antara pasien, ada yang dirawat di rumah sakit. Penyebab terjadinya ISPA diduga akibat debu di perjalanan, asap knalpot selama perjalanan, dan saat antri di kantong parkir.

Hal itu diungkapkan oleh Tim medis Posko Kesehatan Balai Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Banten, dr. Budi prasetyo menyampaikan  pihaknya banyak mendapatkan keluhan kesehatan dari para pemudik. Selain akibat kelelahan, keluhan ISPA, lambung, dan nyeri otot turut di keluhkan. 

"Akibat terlalu lama di perjalanan dan antri di pelabuhan, membuat para pemudik mengalami berbagai macam penyakit. Jika ada pasien yang mengalami gejala cukup serius, akan dibawa ke rumah sakit," katanya Senin (8/4/2024).

Selama arus mudik di Pelabuhan Ciwandan, setidaknya ada 179 orang pasien yang mendapatkan tindakan medis di Posko Kesehatan Balai Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Banten.

Dari data Posko Kesehatan, pasien yang dirawat ada sebanyak 12 orang yang menderita ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Akut), gastritis (lambung) 32 orang pasien, fatique (kelelahan), dan miyalgia (nyeri otot) 22 orang pasien.

Sementara faktor penyebab ISPA, dimungkinkan adanya debu selama perjalanan, asap knalpot selama antri di kantong parkir, dan asap rokok para pemudik lainnya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut