get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Kunjungan Wisata Libur Lebaran di Lebak Melebihi Target, Intip Datanya

Jangan Anggap Enteng! Ini Dia 7 Dampak Buruk bagi Kesehatan Jika Mudik Pakai Sepeda Motor

Kamis, 04 April 2024 | 22:51 WIB
header img
Ilustrasi para pemudik sepeda motor kelelahan. Foto dok Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Musim mudik jelang Lebaran sering kali menyebabkan lonjakan jumlah pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi. Hal ini terutama terjadi karena sepeda motor dianggap lebih fleksibel dan dapat menembus kemacetan di jalan-jalan yang padat.

Ya, mudik dengan sepeda motor memang sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang, terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi umum lainnya. Namun, perlu diingat bahwa sepeda motor merupakan penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas di banyak negara, termasuk Indonesia.

Kendaraan roda dua memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan roda empat  seperti salah satunya dalam hal kecelakaan, terutama karena kurangnya perlindungan fisik bagi pengendara dan penumpangnya. Faktor-faktor seperti kecepatan, kurangnya kesadaran berkendara, dan kondisi jalan yang buruk juga berkontribusi pada tingginya angka kecelakaan sepeda motor.

Nah, apa saja risiko mudik menggunakan sepeda motor?. Mudik menggunakan sepeda motor dapat memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatan seperti berikut yang kami rangkum dari berbagai sumber, antara lain :

1. Sakit Punggung
Sakit punggung adalah salah satu dampak buruk yang sering dialami oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor dalam perjalanan mudik yang panjang. Duduk dalam waktu yang lama dengan posisi yang kurang ergonomis dapat menyebabkan stres pada tulang belakang dan otot punggung, yang akhirnya dapat mengakibatkan rasa sakit.

Hal ini dapat diperparah oleh kondisi jalan yang tidak rata dan getaran yang ditimbulkan oleh sepeda motor selama perjalanan. Untuk mengurangi risiko sakit punggung, penting untuk sesekali melakukan istirahat dan peregangan selama perjalanan, serta memastikan posisi duduk yang nyaman dan ergonomis saat berkendara. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut