get app
inews
Aa Read Next : Lagi! Gempa Susulan M5,1 dan M4,2 Guncang Bayah Banten

Gempa Dahsyat M7,4 Guncang Taiwan Sejak 25 Tahun Terakhir, Getaran hingga China, Jepang & Filipina

Rabu, 03 April 2024 | 13:27 WIB
header img
Gempa dahsyat berkekuatan 7,4 Skala Ritcher yang mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4/2024) juga dirasakan di beberapa negara lainnya, termasuk China, Jepang, dan Filipina. Foto Twitter SR69

TAIPEI, iNewsPandeglang.id - Gempa dahsyat berkekuatan 7,4 Skala Ritcher yang mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4/2024) juga dirasakan di beberapa negara lainnya, termasuk China, Jepang, dan Filipina. Gempa ini, yang merupakan yang terkuat dalam 25 tahun terakhir, menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya, dengan kerusakan bangunan yang signifikan terutama di Hualien. 

Upaya penyelamatan masih berlangsung di beberapa lokasi terdampak. Gempa tersebut memiliki dampak yang cukup jauh, dengan laporan dari seorang saksi mata kepada Reuters menyatakan bahwa getarannya terasa hingga ke Shanghai. 

Selain itu, media pemerintah China juga melaporkan bahwa gempa dirasakan di beberapa kota di provinsi Fujian, seperti Fuzhou, Xiamen, Quanzhou, dan Ningde. Ini menunjukkan skala gempa yang signifikan dan jangkauan geografis getarannya.

Media pemerintah Tiongkok, melalui Kantor Urusan Taiwan Tiongkok, menyatakan keprihatinan mereka terhadap gempa bumi yang melanda Taiwan dan siap memberikan bantuan bencana. Di sisi lain, Badan Cuaca Jepang mencatat beberapa gelombang tsunami kecil di bagian selatan prefektur Okinawa, meskipun peringatan tsunami kemudian diturunkan menjadi peringatan. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut