get app
inews
Aa Read Next : Intip Ranking FIFA Uzbekistan & Arab Saudi, Penentu Lawan Indonesia Semifinal Piala Asia U-23 2024

Tak hanya Arab Saudi, Ini Dia Deretan Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Senin, 01 April 2024 | 11:45 WIB
header img
Deretan Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia. Foto Ilustrasi Freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Deretan negara penghasil kurma terbesar di dunia menarik untuk diulas dalam artikel kali ini. Kurma merupakan salah satu makanan yang sangat dicari orang selama bulan Ramadan. 

Ini karena kurma memiliki nilai gizi yang tinggi, memberikan energi yang cepat, dan dapat membantu mengembalikan kadar gula darah setelah berpuasa.Selain itu, mengonsumsi kurma juga merupakan tradisi yang telah lama dilakukan oleh umat Islam sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. 

Kurma merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan bahkan termasuk Sunnah untuk dikonsumsi sebagai takjil atau kudapan saat berbuka puasa.Hal ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW yang sering kali memulai berbuka puasa dengan memakan beberapa butir kurma adalah tradisi yang dianjurkan dan sering dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. 

Kurma memiliki kandungan gizi yang baik untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian, serta membantu menstabilkan kadar gula darah secara alami. Kurma memang tumbuh subur di daerah-daerah yang memiliki iklim kering dan panas seperti wilayah Jazirah Arab dan sekitarnya. 

Meskipun tanah di daerah tersebut cenderung tandus, tetapi kondisi iklim yang panas dan kering serta sinar matahari yang berlimpah menjadi kondisi ideal bagi pertumbuhan pohon kurma. Oleh karena itu, negara-negara di wilayah Timur Tengah seperti Mesir, Arab Saudi, Iran, dan sebagainya merupakan produsen utama kurma di dunia karena kondisi alam yang mendukung pertumbuhan tanaman kurma.

Arab Saudi merupakan negara penghasil kurma terbesar kedua di dunia setelah Mesir. Produksinya mencapai sekitar 1,3 juta ton. Beberapa jenis kurma yang umum dihasilkan di Arab Saudi antara lain adalah kurma Ajwah, Al Khunaizi, dan Rotab. Arab Saudi dikenal sebagai salah satu produsen kurma terkemuka dan kurma merupakan bagian integral dari budaya dan keramahtamahan di negara ini.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut