get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Curah Hujan Tinggi, Ini Ruas Jalan Provinsi yang Berpotensi Rawan Longsor di Lebak

Tips Cegah Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Kamis, 25 Januari 2024 | 12:09 WIB
header img
Ilustrasi saat Jalan Raya Munjul-Cikeusik Pandeglang digenangi banjir akibat hujan deras pada Jumat (12/1/2024). Foto dok. iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Tips Cegah Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan menarik untuk dibahas. Apalagi pada kenyataanya, saat ini cuaca hujan terus melanda berbagai kawasan di Indonesiaa, khususnya para pengendara harus mengantisipasi saat berkendaea di situasi tersebut.

Seperti diketahui, Aquaplaning merupakan  kondisi saat lapisan air di permukaan jalan mengakibatkan kehilangan kontrol kendaraan karena ban kehilangan kontak langsung dengan jalan. Ini terjadi ketika ban kendaraan tidak dapat membuang air dengan cukup cepat dari bawah ban, sehingga menyebabkan ban terapung di atas air. Aquaplaning dapat menyebabkan kendaraan kehilangan traksi, membuatnya sulit untuk dikendalikan, dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap aquaplaning melibatkan kecepatan kendaraan, kedalaman air di jalan, serta kondisi ban dan permukaan jalan. Pada kecepatan tinggi atau saat terjadi hujan deras, risiko aquaplaning meningkat. Ban yang aus atau tidak sesuai, serta alur ban yang kurang efektif untuk mengalirkan air, dapat memperburuk situasi aquaplaning.

Untuk menghindari aquaplaning, penting untuk mengurangi kecepatan saat hujan, memastikan ban kendaraan dalam kondisi baik, dan memperhatikan kondisi jalan. Jika kendaraan mengalami aquaplaning, disarankan untuk tetap tenang, hindari rem mendadak, dan kurangi kecepatan sampai ban kembali mendapatkan traksi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut