get app
inews
Aa Read Next : Gempa Sumur Banten Pagi Ini : Magnitudo 4.6 Terasa di Enam Lokasi, BMKG Beri Peringatan

Agar Habitat Lobster di Pandeglang Tetap Terjaga, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Gagas Rumah Lobster

Kamis, 30 November 2023 | 10:04 WIB
header img
Keterangan foto dari kiri ke kanan Risno bersama Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, penggagas rumah lobster. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Wakil Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Wadankodiklatad) Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, menggagas pembuatan rumah lobster yang memungkinkan dapat mengatasi habitat lobster agar tetap terjaga. Pasalnya banyaknya perburuan tidak sebanding dengan perkembangbiakan lobster itu sendiri.

Sejalan dengan itu, respon positif dan dukungan penuh hal itu juga dari warga Rysno salah satu warga masyarakat Kampung Cipanon, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten. Pembuatan rumah lobster ini bertujuan agar bisa meningkatkan  udang lobster dapat tumbuh kembang biak secara pesat.

 Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengungkapkan pembuatan rumah lobster tersebut dapat menjadi rumah bagi udang lobster untuk tumbuh kembangnya hewan tersebut. Karena itu, Kunto meminta agar warga bisamelakukan hal yang serupa juga tidak selalu memburu lobster bagi penghasilan keluarga.

“Diharapkan warga mau melakukan hal yang sama dan tidak selalu memburu lobster untuk penghasilan keluarga,” ujarnya melalui keterangan tertulis Rabu, (29/11/2023)

Perlu diketahui, di kawasan perairan Banten yang dikenal dengan banyaknya  habitatnya udang batu atau lobster, misalnya di kawasan Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Banten. Saat ini banyak nelayan pindah profesi jadi pemburu biota laut yang bercangkang keras tersebut.

Maraknya perburuan tentunya tidak sebanding dengan perkembangbiakan lobster itu sendiri.  Ada berbagai  jenis lobster yang dilepasliarkan di Perairan Tanjungjaya ini sepeeti lobster pasir, batik, bambu, pakistan dan lobster mutiara. 

Sementara Rysno alias Daeng Anno menyebut jika menciptakan rumah ikan belum tentu Lobster datang, namun jika menciptakan rumah Lobtser sudah pasti ikan-ikan  bakal datang.

"Karena kita ciptakan rumah lobster yang habitatnya di tempat di goa atau lobang-lobang persembunyian. Di dalam rumah lobster tersebut sudah disediakan pakan berupa kerang laut yang hidup dan juga akan berkembang didasar laut,” katamya.

Dia berharap kepada pemerintah, metode rumah lobster yang dikembangkan dapat dikembangkan diberbagai daerah lainnya. “Jika metode-metode rumah lobster ini dikembangkan maka kemungkinan Indonesia akan menghasilkan lobster nomor 1 di dunia yang tentunya akan menambah devisa negara,” kata Daeng.

Lebih lanjut Daeng menuturkan, melestarikan habitat lobster akan memberikan potensi besar bagi perkembangan lobster tersebut. Terlebih, anak-anak di pesisir pantai diberikan edukasi cara membangun rumah lobster dengan membuat terumbu karang buatan. Tujuannya menjaga habitat lobster agar tidak punah. 

Terumbu karang yang terbuat dari semen dengan bentuk lonceng ini, umumnya sangat disukai lobster. Warga membawa pakan lobster berupa kerang laut yang nantinya akan ditempatkan di terumbu karang buatan tersebut.

 “Untuk saat ini baru ada 18 terumbu karang buatan yang disiapkan dan rencananya jika program ini berhasil akan ada banyak terumbu karang lain yang akan di tanam di dasar laut Pandeglang. Diharapkan anak-anak dapat meneruskan budidaya lobster dengan cara membuat rumah lobster tersebut,” jelasnya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut