get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Merak

Rabu, 22 November 2023 | 11:54 WIB
header img
Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Merak. Foto iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ratusan ribu batang rokok ilegal. Pengiriman rokok yang tidak dilengkapi dengan cukai ini digaruk petugas di wilayah Pelabuhan Merak saat akan mengirim dari pulau Jawa ke Sumatera.

Komandan Pangkalan TNI AL Banten Kolonel Laut (P) Nopriadi, M.Tr.Hanla mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil menggagalkan penyelundupan rokok yang tidak dilengkapi dengan cukai alias ilegal sejumlah 864.000 batang rokok. Dengan adanya praktik ini,  negara dirugikan sekitar Rp743.165.280.


Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Merak. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

"Hari ini kita bersama-sama merilis upaya penggagalan, pendistribusian terkait rokok ilegal yang berpotensi merugikan negara senilai 750 sampai 800 juta rupiah. Dari total barang 864 ribu batang itu nilainya  lebih kurang dari 1 sampai 1.1 miliar," ucapnya saat konferensi pers di Merak, Banten, Rabu (22/11/2023).

Nopriadi menjelaskan, informasi berawal dari  intelijen yang didapat oleh Tim Satgas ASDP Pangkalan TNI AL Banten dan Satgas Gurindam Sakti-23 Lanal Banten. Kronologi awal bermula tim satgas  menerima informasi dari jaring agen bahwa akan ada pengiriman rokok ilegal dari pulau Jawa ke Sumatera.

Tim satgas gabungan kemudian tim satgas gabungan melaporkan hal tersebut  dan selanjutnya dilakukan pendalaman dan penindakan terhadap informasi tersebut.

Pada  21 november 2023 sekitar pukul 10.00 WIB, tim satgas gabungan mendeteksi target memasuki Pelabuhan ASDP Merak, lalu pada pukul 10.15 WIB tim satgas gabungan memberhentikan 2 unit kendaraan roda 4 jenis Suzuki APV  yang dicurigai.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut