get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Malaysia Larang Pemutaran Film yang Promosikan LGBT dan Islamofobia

Pertama Kali, KJRI Johor Bahru Peringati Hari Pahlawan Indonesia di Makam Tuanku Tambusai Malaysia

Jum'at, 10 November 2023 | 19:39 WIB
header img
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023 di komplek pemakaman Pahlawan Nasional Indonesia Tuanku Tambusai yang berada di Kampung Rasah, Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia. Foto KJRI JB

NEGERI SEMBILAN, iNewsPandeglang.id - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru untuk pertama kalinya melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023 di komplek pemakaman Pahlawan Nasional Indonesia Tuanku Tambusai yang berada di Kampung Rasah, Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia, Jumat (10/11/2023). Acara berlangsung sekitar pukul 09.00 waktu setempat hingga pukul 10.00.

Duta Besar Luar RI Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Malaysia Hermono bertindak sebagai Pembina Upacara. Sementara AKBP Yunik D.A Mei Wulan, Stafnis Polri KJRI Johor Bahru bertindak sebagai Komandan Upacara. 


Duta Besar Luar RI Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Malaysia Hermono bertindak sebagai Pembina Upacara. Sementara AKBP Yunik D.A Mei Wulan, Stafnis Polri KJRI Johor Bahru bertindak sebagai Komandan Upacara dalam peringatan Hari Pahlawan. Foto KJRI JB

 

Selain dihadiri oleh Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Sigit Suryantoro Widiyanto, turut hadir sebagai undangan YB Datuk Mohd Faizal bin Ramli Exco (Menteri Negara Bagian Negeri Sembilan) bidang Warisan, Teknologi dan Digital, Ahmad Akram bin Gharib Timbalan Pendakwaraya, Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia, yang merupakan keturunan keenam Tuanku Tambusai serta pejabat dari Lembaga Muzeum Negeri Sembilan, Majlis Bandaraya Seremban dan Kepolisian Seremban. 

Setelah upacara selesai, Duta Besar RI untuk Malaysia bersama Konsul Jenderal RI Johor Bahru dan tamu undangan lainnya melakukan tabur bunga di makam Tuanku Tambusai.


Setelah upacara Hari Pahlawan selesai, Duta Besar RI untuk Malaysia bersama Konsul Jenderal RI Johor Bahru dan tamu undangan lainnya melakukan tabur bunga di makam Tuanku Tambusai. Foto dok. KJRI Johor Bahru

 

Selain dihadiri oleh sekitar 70 peserta upacara, kegiatan ini juga ditonton oleh sekitar 3200 pemirsa yang menyaksikan secara live melalui akun media sosial KJRI Johor Bahru. 

Tuanku Tambusai adalah satu-satunya pahlawan nasional Indonesia yang dimakamkan di Malaysia. Beliau bersama-sama Tuanku Imam Binjol dan Tuanku Rao  merupakan tokoh pejuang Perang Padri  melawan penjajah Belanda. 

"Kegigihannya dalam melawan penjajah Belanda membuat beliau dijuluki  Harimau Padri. Pada tahun 1838 Tuanku Tambusai mengungsi untuk menyusun kekuatan  di Kampung Rasah, Seremban, Negeri Sembilan," kata Hermono melalui siaran pers diterima.

"Beliau berdiam di sini hingga wafat  pada tanggal 12 November 1882. Atas jasa dan perjuangannya Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1995 melalui Keppres nomor 071/TK/Tahun 1995 memberikan gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana kepada Tuanku Tambusai," katanya lagi.

Sementara Konsul Jenderal RI Johor Bahru Sigit Suryantoro Widiyanto mengatakan, selain untuk memperingati jasa para pahlawan nasional, khususnya jasa Tuanku Tambusai.

"Pelaksanaan  Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023 di komplek pemakaman Tuanku Tambusai ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan persaudaraan dan kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia, khususnya Negeri Sembilan," ujar Sigit.

Kegiatan upacara yang berlangsung secara khidmat dan lancar ini tidak lepas dari dukungan dan kerjasama yang diberikan Kerajaan Negeri Sembilan serta keluarga Tuanku Tambusai. Direncanakan kegiatan peringatan Hari Pahlawan di komplek pemakaman Tuanku Tambusai akan diadakan setiap tahun.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut