get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PT TCI Pekerjakan 50 Warga Lokal

Serunya Ribuan Santri Makan Nasi Liwet Bareng Meriahkan Hari Santri Nasional di Lebak Banten

Minggu, 22 Oktober 2023 | 20:05 WIB
header img
Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren yang berada di Lebak, Banten mengikuti acara makan nasi liwet dengan alas daun pisang, kegiatan ini memeriahkan Hari Santri Nasional 2023 di Alun-alun Rangkasbitung. Foto iNews/Iskandar Nasution

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren yang berada di Lebak, Banten mengikuti 'Murak Liwet. Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan festival Hari Santri Nasional 2023 yang digelar di Alun-alun Rangkasbitung, Minggu (22/10/2023).

Diketahui, makan nasi liwet ini sebagai trafisi dari santri salafi Indonesia. Hari Santri diramaikan dengan berbagai event seperti hari santri, karnaval santri, istigosah akbar, dan pada puncak acara ini digelar murak liwet dengan alas daun pisang.

Para santri pun terlihat antusias dan gembira menyambut festival ini seperti salah satunya Maman. Menurutnya tiap tahun dia selalu mengikuti murak liwet dalam festival Hari Santri ini.

"Wah saya senang banget, makan nasi liwet bareng sama santri lainnya. Tidak hanya nasi liwet, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi untuk kita semua para santri di Lebak," ucapnya kepada wartawan di LebakMinggu (22/10/2023).

Maman berujar, Festival Hari Santri dan murak liwet ini harus terus dilestarikan supaya tetap mempererat tali silaturrahim. Dia mengaku sangat bahagia dan hal ini adalah salah satu  momen saling bersilaturahmi.

Ungkapan suka cita lainnya disampaikan oleh Geri  bahwa acara murak liwet tahun ini lebih meriah dari pada tahun sebelumnya.

"Kebetulan saya pertama ikutan  festival santri 2019, jadi tahun ini yang paling rame, karena dua tahun acara dihentikan sebab  ada Covid-19," ucap santri asal Kecamatan Cikulur ini.

Geri pun berharap agar kegiatan murak nasi liwet ini terus dilaksankan oleh Pemerintah Kabupaten Lebak di waktu mendatang.

"Jadi, ini kan momen langka, yang mana ribuan santri dari pelosok Lebak berkumpul di Alun-alun Rangkasbitung ini. Kita berharap harus terus  diselenggarakan untuk menjaga tali silaturahmi," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut