get app
inews
Aa Read Next : TMMD ke-120 Kodim 0623/Cilegon Wujudkan Mimpi Warga Kelurahan Gerem

Puluhan Murid SD di Cilegon Keracunan Massal, Diduga Usai Santap Makanan Ringan

Kamis, 12 Oktober 2023 | 17:11 WIB
header img
Puluhan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kependilan, Kota Cilegon, Banten mengalami keracunan massal, usai menyantap makanan ringan yang dibagikan orang tak dikenal (OTK) saat jam istirahat. Foto Ist/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Puluhan murid  Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kependilan, Kota Cilegon, Banten mengalami keracunan massal, usai menyantap makanan ringan yang dibagikan orang tak dikenal (OTK) saat jam istirahat. Diduga makanan itu berupa kue pie yang sudah kadaluarsa, Kamis (12/10/2023).

Kepala Sekolah SDN Kependilan Tuti Hendrawati menyebut diduga kue pie yang dimakan para siswa itu sudah kadaluarsa sehingga membuat mereka keracunan. Meskipun begitu saat ini para siswa yang sempat dirawat di puskesmas sudah di pulangkan karena kondisinya makin membaik usai mendapat perawatan.

"Apabila kondisinya stabil, para siswa juga akan kembali bersekolah di hari berikutnya," katanya.

Dijelaskannya, usai menyantap makanan tersebut, sebanyak 32  murid merasa mual dan muntah-muntah, pusing hingga pingsan. Para murid terpaksa dilarikan ke puskesmas terdekat hingga akhirnya membuat aktivitas belajar mengajar dihentikan.

Pihak sekolah menduga para murid sebelumnya mengkonsumsi makanan ringan yang diberikan oleh seorang pemuda yang tidak diketahui asal usulnya. 

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan saat ini sampel makanan masih diperiksa di BPOM untuk mengetahui penyebab keracunan massal tersebut.

"Tim Dinas Kesehatan juga telah mengambil sample dan memeriksa kue atau makanan ringan yang disantap para siswa untuk dilakukan pemeriksaan dan berkoordinasi dengan Badan POM Banten untuk mengetahui hasil kandungan di dalam makanan itu," tuturnya.

Dinas Pendidikan Kota Cilegon juga meminta seluruh sekolah untuk tidak membiarkan anak didiknya menerima makanan dari orang yang tidak dikenal yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan para murid.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut