get app
inews
Aa Read Next : Kadishub Subang Sebut Korban Tewas Akibat Kecelakaan Bus Rombongan SMK di Ciater Capai 10 Orang

Gempa Dahsyat Guncang Maroko, Ratusan Orang Tewas dan Luka-luka

Sabtu, 09 September 2023 | 14:57 WIB
header img
Gempa Dahsyat Guncang Maroko. Foto Reuters

RABAT, iNewsPandeglang.id Gempa dahsyat mengguncang negara Maroko. Peristiwa gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 hingga 7,2 itu terjadi pada Jumat (8/9/2023) malam.

Hal itu sebagaimana disampaikam oleh Televisi milik pemerintah setempat yang mengutip Kementerian Dalam Negeri Maroko. Sedikitnya 296 orang meninggal dunia dan 153 luka- luka.

Namun hingga saat ini sudah tercatat 632 orang tewas dan 329 lainnya luka. Jumlah tersebut naik drastis dibandingkan laporan sebelumnya, yaitu 296 orang tewas dan 153 luka-luka. Proses pencarian dan penyelamatan masih berlangsung.

Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya menyebut gempa berkekuatan magnitudo 6,8 itu terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal yaitu 18,5 km. Namun Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) juga  melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 6,9. 

Pusat Geofisika Maroko melaporkan gempa yang terjadi di kawasan Ighil di Pegunungan Atlas Tinggi itu berkekuaran magnitudo 7,2. Untuk lokasi pusat gempa berada 77 km sebelah barat daya Kota Marrakesh yang berpenduduk 839.000 jiwa.

Gempa ini juga banyak meluluhlantakan  bangunan dan infrastruktur di sejumlah  provinsi yang terdampak. Disebutkan dampak gempa dirasakan di Provinsi Al Haouz, Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua, dan Taroudant.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut