get app
inews
Aa Read Next : Kesulitan Biaya Pulang, Pemkab Bantu Si Kembar Berprestasi Anak Pegawai Honerer Pandeglang di Rusia

Misi Gagal, Pesawat Luar Angkasa Luna-25 Milik Rusia Hancur Tabrak Bulan

Senin, 21 Agustus 2023 | 10:26 WIB
header img
Pesawat luar angkasa Luna-25 diluncurkan di Kosmodrom Vostochny.Foto Roscosmos/Vostochny Space Center/ Reuters

MOSKOW, iNewsPandeglang.id - Misi ke bulan yang pertama Rusia gagal. Setelah 47 tahun dinantikan pesawat luar angkasa, Luna-25 jatuh dan hancur menabrak bulan usai kehilangan kendali.

Pesawat Luar Angkasa  Luna-25 milik perusahaan Antariksa Rusia (Roscosmos) jatuh di Bulan saat mencoba melakukan proses pendaratan di sana.Roscosmos mengumumkan dalam 2 Jam terakhir bahwa Luna kehilangan kontak pada 14:57 (11:57 GMT) 19 Agustus 2023.

Menurut Roskosmos, pesawat tersebut  kehilangan kontak dengan kapal tak lama setelah terjadi masalah dan  tergelincir dari orbit sebelum pendaratan.

 "Alat bergerak ke orbit yang tidak terduga dan tidak ada lagi akibat tabrakan dengan permukaan bulan,"ungkapnya seperti diberitakan The star Minggu (20/8/2023).

Kegagalan misi prestisius itu tampak mengalami penurunan ke luar angkasa Rusia sejak masa kejayaan persaingan sengit Perang Dingin, saat itu Moskow menjadi yang pertama meluncurkan satelit Sputnik 1 ke orbit Bumi pada 1957.

Kosmonot Soviet Yuri Gagarin merupakan orang pertama yang melakukan  perjalanan ke luar angkasa pada  1961. Sejak 1976, Rusia telah meluncurkan misi ke bulan ketika Leonid Brezhnev menguasai Kremlin.

Seorang perwira antariksa Rusia mengatakan  Luna-25 seharusnya melakukan pendaratan di kutub selatan bulan pada 21 Agustus 2023.

Rusia sedang bersaing  dengan India  dengan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3, yang dijadwalkan mendarat di kutub selatan padan minggu bulan ini. Moskow juga bersaing ketat dengan China dan Amerika Serikat (AS).

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut