get app
inews
Aa Read Next : Sabet 2 Medali Emas, Kontingen Taekwondo Polda Banten Berhasil Keluar Sebagai Juara

Lintasan Baru Uji Praktik SIM C Diterapkan Mulai Hari Ini, Warga : Lebih Mudah

Senin, 07 Agustus 2023 | 13:58 WIB
header img
Polri di seluruh Indonesia resmi mulai memberlakukan penerapan uji praktik SIM C dengan pola lintasan baru pada hari ini, Senin (7/8/2023). Foto Istimewa

Respons positif juga datang dari pelajar bernama Lingga dengan mencoba lintasan baru ujian praktik pembuatan SIM. Menurutnya, dengan mencobanya akan menjadi pembelajaran jika nanti pada saat umurnya sudah bisa memiliki SIM.

"Baru pertama kali uji SIM dan bisa dibilang cukup mudah utk uji coba trek yang baru. Ini buat pembelajaran saya kalau tahun besok sudah bisa bikin SIM, saya sudah pernah mencoba dan cukup mudah," katanya.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas Polri mengatakan lajur baru ujian praktik untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C alias SIM motor bakal diterapkan di seluruh Tanah Air, pada Senin, 7 Agustus 2023. Lajur baru berbentuk huruf S.

"Sore ini saya sengaja datang ke Daan Mogot dan nanti  Senin kita harapkan dua hari ini masing-masing jajaran hingga ke tingkat Polres bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada hari ini," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi di Kantor Satpas SIM Polda Metro Jaya, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023).

Adapun perubahan lintasan Baru Ujian Praktik Pembuatan SIM C ini berikut ini penjelasan detailnya di antaranya :

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang  telsh diperlebar dan tanpa materi zig-zag test atau slalom test.

2. Uji SIM sebekumnya dengan bentuk angka 8 kini digantikan dengan uji membentuk huruf S.

3. Terakhir, untuk ukuran lebar lintasan kini diperlebar, jika ukuran yang lama 1,5 kali lebar kendaraan  kini menjadi 2,5 kali.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut