get app
inews
Aa Read Next : Miris! Bertahun-tahun Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Desa Swadaya Bangun Jalan di Pandeglang

Tangan Kreatif Oo Supardi Sulap Kayu Lame Jadi Terompet Hasilkan Duit

Rabu, 02 Agustus 2023 | 18:46 WIB
header img
pria asal Kampung Kebon Awi, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Banten menjadi salah satu pria yang berhasil menyulap Kayu Lame menjadi terompet kayu yang menghasilkan uang. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Oo Supardi (57), pria asal Kampung Kebon Awi, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Banten menjadi salah satu pria yang berhasil menyulap Kayu Lame menjadi terompet kayu yang menghasilkan uang. Bermodal tangan kreatif dan awalnya ide kerajinan tersebut lantaran dia tak terbeli terompet.

Oo Supardi, mantan sopir truk ini memanfaatkan kayu lame yang memiliki kualitas bagus. Setalah proses pemotongan, kayu pun dilubangi menggunakan besi seperti bor dengan manual, setalah dilubangi kayu lame pun dibentuk dan diukur menggunakan pisau. 

Karya seninya pun kini banyak diminati oleh orang-orang hingga ke luar daerah. Dikisahkan Oo, pembutan terompet kayu karya Oo Supardi ini, untuk prosesnya masih secara tradisional.  Semua manual dengan alat seadanya, seperti menggunakan gergaji, golok, pisau dan besi bor untuk melubangi. 

Pria yang sudah 20 tahun menggeluti kerajinan tangan tersebut, setalah memutuskan berhenti sebagai sopir truk ini mengaku berlajar membuat terompet kayu tradisional ini secara otodidak.

"Jadi awalnya saya pengen beli terompet, tapi tidak mampu, saya coba bikin sendiri dengan mencari kayu ke hutan, setalah proses pembuatan saya serahkan ke pemain trompet, dan ternyata trompet yang saya buat mengeluarkan suara," ujar Oo Supardi saat ditemui di kediamannya, Rabu (2/8/2023).

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut