get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Perairan Selatan Banten dan Selat Sunda

Senin, 24 Juli 2023 | 06:33 WIB
header img
Ilustrasi gelombang tinggi. Foto Freepik

BANTEN, iNewsPandeglang.id Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terkait adanya peluang  gelombang  tinggi di perairan selatan Banten dan Selat Sunda bagian selatan pada pada hari ini  Senin (25/72023) hingga besok. Ketinggian  gelombang ini berkisar antara 2.5 - 4.0 meter atau dalam kategori tinggi.

"Waspada gelombang laut dengan ketinggian 2.5-4.0 meter di wilayah Selat Sunda bagian selatan dan perairan selatan Banten," tulis BMKG dalam laman resminya dikutip.

Menurut BMKG kondisi tersebut  beresiko tinggi terhadap Perahu Nelayan, Kapal Tongkang, dan Kapal Ferry.

Selain itu, BMKG juga memperingatkan agar waspada gelombang laut dengan ketinggian 4.0 - 6.0 meter di wilayah Samudera Hindia Selatan Banten yang beresiko tinggi terhadap semua jenis kapal.

Untuk Selat Sunda bagian utara berpotensi gelombang di kisaran 0,50-1.25 meter. Kategori gelombang seperti ini aman untuk keselamatan jenis perahu nelayan, tongkang, kapal ferry, kapal kargo dan kapal pesiar.

Sementara  itu, secara umum angin di wilayah Selat Sunda bagian Utara umumnya behembus  dari Timur dengan kecepatan 1-10 knot. Lalu, di Selat Sunda bagian Selatan dari Tenggara dengan kecepatan 1-20 knot.

Kemudian angin di Perairan Selatan Banten angin secara umum bertiup dari Tenggara dengan kecepatan 1-20 knot, dan untuk Samudera Hindia Selatan Banten umumnya berhembus dari Tenggara dengan kecepatan 1-20 knot.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut