get app
inews
Aa Read Next : Pernikahan Gus Zizan: Inspirasi atau Kontroversi? Kenali Lebih Dekat!

5 Tugu Unik yang Ada di Indonesia, Ada Tugu Fotocopy

Selasa, 11 Juli 2023 | 08:57 WIB
header img
(Foto : Instagram)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Tugu-tugu yang tersebar di berbagai daerah memiliki identitas yang khas sebagai penanda yang mudah dikenali. Tugu-tugu ini bukanlah sembarang bangunan, umumnya berbentuk tiang dengan keunikan dan makna yang terkandung di dalamnya.

Tugu adalah sebuah konstruksi monumental yang memiliki tinggi dan ukuran yang besar. Dibangun dengan menggunakan berbagai jenis bahan yang kokoh, termasuk batu bata. Tugu bukan sekadar  penanda keberadaan dan lokasi, melainkan juga sebagai simbol  yang mencerminkan identitas serta hal-hal yang berkaitan dengan daerah atau lokasi tempat tugu tersebut berada.

Dahulu, tugu tidak hanya berfungsi sebagai objek fisik, tetapi juga menyampaikan kisah-kisah yang mencerminkan kejadian sejarah yang membawa pesan budaya serta makna futuristik. Namun, saat ini desain tugu tidak hanya terbatas pada konteks sejarah saja, tetapi juga berkembang secara fleksibel.

Berikut ini adalah beberapa macam tugu dengan desain unik di berbagai kota yang ada di Indonesia. Dirangkum pada Selasa (11/7/2023).

1. Tugu Fotokopi, Tanah Datar

Terletak di Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, terdapat Tugu Fotokopi yang memiliki cerita unik. Daerah ini dikenal karena banyaknya penduduk yang merantau dan sukses mengembangkan bisnis fotokopi di luar daerah asal mereka. Tugu Fotokopi didirikan sebagai simbol yang mengabadikan sejarah tersebut.

2. Tugu Bubur, Cianjur

Tugu Bubur yang berdiri kokoh di kota Cianjur menjadi simbol ikonik bagi kuliner bubur ayam yang terkenal di sana. Salah satu penjual bubur ayam yang terkenal di Kabupaten Cianjur adalah Bubur Ayam Sampurna yang telah beroperasi sejak tahun 1975, awalnya berjualan di pinggir jalan dengan menggunakan tanggungan di dalam Toko Sampurna. Pada tahun 1982, penjualan bubur ayam tidak lagi menggunakan tanggungan, melainkan menggunakan gerobak beroda. Saat ini, bubur ayam telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

3. Tugu Tahu Aci, Slawi

Seperti Tugu Bubur yang terdapat di Cianjur, di daerah Slawi juga terdapat sebuah tugu yang terkenal yang menggambarkan camilan khas mereka, yaitu tahu aci. Tugu ini berbentuk tahu aci raksasa yang dilengkapi dengan empat cengis atau cabai rawit besar.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut