get app
inews
Aa Read Next : Proses Evakuasi Korban Terjepit Crane yang Tumbang di Pelabuhan Merak Berlangsung Dramatis

Sukses Evakuasi Korban Pesawat Sam Air, Tim SAR Gabungan Dijemput Helikopter Caracal TNI AU

Kamis, 29 Juni 2023 | 18:43 WIB
header img
Tim SAR Gabungan dijemput Helikopter Caracal TNI AU usai evakuasi korban kecelakaan Pesawat SAM Air di Papua. Foto Istimewa

YALIMO PAPUA, iNewsPandeglang.id - Setelah sukses mengevakuasi seluruh korban kecelakaan pesawat SAM AIR di hutan Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, tim SAR gabungan, yang terdiri dari enam prajurit Kopasgat TNI AU dan enam personel Basarnas, kembali ke Wamena menggunakan helikopter Caracal HT-7201 TNI AU, Rabu ((28/6/2023).

Dalam keterangan rilis Dispenau diterima menyatakan bahwa  penjemputan tim evakuasi dipimpin oleh Mayor Pnb  Arif (Kapten Pilot), Lettu Pnb Taufiq dan Lettu Pnb Adit serta Sertu Udi selaku Jumping Master.

Penjemputan Tim SAR  gabungan tersebut dijemput dalam dua sorties penerbangan, dengan rute  Wamena ke lokasi penjemputan dan kembali ke Wamena. 

"Saat ini, (Kamis, 29/6/2023), 12 personel Tim SAR  gabungan telah tiba di Bandara Wamena dalam keadaan selamat  beserta seluruh peralatan SAR yang digunakan saat pelaksanaan SAR," tulis keterangan tersebut.

Sebelumnya, tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi enam korban pesawat SAM Air yang jatuh di hutan Yalimo pada Selasa (27/6). Proses menuju lokasi membutuhkan waktu 5 hari karena cuaca dan kondisi medan yang sulit dijangkau

Keenam korban tersebut atas nama pilot Capt. Hari Permadi, Copilot Levi Murib, Bartolomeus, Ebeth Halerohon, Dormina Halerohon, dan Kilimputni. Korban dievakuasi ke RS Bhayangkara Jayapura.

Keberhasilan evakuasi menjadi bukti bahwa tim SAR TNI AU dan Basarnas, selalu siap bekerja kapanpun dan dimanapun.  Hal ini sebagai upaya membantu pemerintah dan Pemda dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut