get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Proses Evakuasi Korban Terjepit Crane yang Tumbang di Pelabuhan Merak Berlangsung Dramatis

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 16:52 WIB
header img
Korban terjepit Crane Terguling berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Seorang operator alat berat (crane) yang terjepit dalam insiden crane terguling di pintu masuk Dermaga Eksekutif  Pelabuhan Merak Kota Cilegon, Banten Sabtu (12/8/2023).Kantor Pertolongan dan Pencarian Banten langsung menurunkan tim rescue.

Proses evakuasi korban  berlangsung  dramatis. Sebab petugas harus menggunakan alat khusus yakni Palsar Ekstrikasi salah satunya. Korban berhasil dikeluarkan usai petugas bisa mendobrak besi yang menjepit tubuh korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten Adil Triyanto mengatakan Tim SAR  bersama petugas gabungan berhasil mengevakuasi para korban. Korban dievakuasi ke RS untuk dilakukan penanganan selanjutnya.

"Akhirnya korban dapat dievakuasi, namun dalam kondisi sudah meninggal dunia  dan langsung dievakuasi ke RSUD Panggungrawi," ujar Adil.

Diketahui korban bernama Haryanto (56) warga Villa Tangerang, Kelurahan Kutajaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Kronologi peristiwa itu sekitar sekitar pukul 10.00 WIB, saat kejadian sedang dilakukan proses Clearing Area dari alat berat, tiba-tiba crane  yang dikendarai korban tidak stabil dan menyebabkan  jatuh terguling. 

Menurut Adil peralatan yang digunakan tim yakni Rescue Truck, Palsar Ekstrikasi, Palsar Komunikasi, Palsar Medis. 

"Dengan telah selesainya evakuasi korban, maka Operasi SAR diusulkan ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih," katanya.

Adapun unsur yang terlibat dalam evakuasi korban ini adalah Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten, LANAL Banten, POM AL, BABINSA, INAFIS Polres Cilegon, KSKP Merak, BMKG Serang, K3 ASDP, PMI Cilegon, PT PP (Persero) Tbk, Pramuka Peduli dan masyarakat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut