get app
inews
Aa Read Next : Gegara Angin Ribut, Pohon Tumbang hantam 3 Mobil Parkir di Bonakarta Cilegon

Begini Cara Agar Sapi Kurban yang Akan Disembelih Tidak Stres

Kamis, 29 Juni 2023 | 13:05 WIB
header img
Alat Perebah Sapi digunakan warga Cilegon agar hewan kurban sebelum disembelih tidak stres. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Warga Bumi Cibeber Kencana, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon mempunyai teknik menyembelih hewan kurban agar sapi atau Kerbau yang akan disembelih tidak stres. Ya, mereka menggunakan teknik dengan alat perebah sapi saat menyembelih hewan kurban.

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah ini penggunaan alat khusus yang diberi nama Alat Perebah Sapi yang terbuat dari besi dan memiliki roda sehingga hewan itu tidak dibanting.

Saat menyentuh tanah, alat ini dianggap mampu mengurangi stres hewan kurban agar tidak mengamuk saat akan disembelih. Hewan kurban biasanya akan diikat di alat tersebut dengan tali yang disediakan kemudian direbahkan dan langsung disembelih.

"Teknik ini membuat hewan lebih nyaman," ujar Joni Ketua RT saat ditemui di lokasi Kamis (29/6/2023).

Menurut dia, penyembelihan hewan dengan metode alat rebah sapi ini agar hewan kurban khususnya jenis sapi dan kerbau bisa lebih nyaman saat akan disembelih. Saat ini ada 3 sapi dan 12 ekor kambing.

Sementara Demi Kartika selaku Humas RT mengaku dagingnya akan langsung dimasak. "Dagingnya akan langsung dimasak pak," tuturnya.

Selain dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan, daging kurbam ini juga diolah memjadi beberapa masakan seperti masakan dari Rabeg, sate dan soup. Makanan ini juga akan dibagikan kepada para panitia kurban yang saat ini tengah berupaya melaksanakan kurban tahun ini. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut