get app
inews
Aa Read Next : Gegara Angin Ribut, Pohon Tumbang hantam 3 Mobil Parkir di Bonakarta Cilegon

Pemudik Terkatung-katung 4 Jam di Atas Kapal, Begini Penjelasan BPTD Banten

Jum'at, 21 April 2023 | 07:29 WIB
header img
Ilustrasi Kapal pemudik di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten. (Foto dok/iNews/Iskandar Nasution)

CILEGON - iNewsPandeglang.id - Sebuah kapal yang mengangkut pemudik di Pelabuhan Ciwandan diduga mengalami kerusakan yang menyebabkan para pemudik terkatung-katung di atas kapal  selama 4 jam. Apalagi pada kenyataanya waktu tempuh pada umumnya hanya 2 jam dari Pulau Jawa menuju Sumatera.

Kepala Balai Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Handjar Dwi Antoro merespon atas adanya pemudik bernama Oktomy Suryansyah  yang mengalami keterlambatan terkatung-katung di atas kapal  4 jam lamanya bersama seluruh penumpang. Hanjar menyebut bahwa kapal Roro itu mengalami kerusakan.

"Saya klarifikasi terkait ada pemudik yang sudah diangkut/naik ke atas kapal KMP Raja Rakata, namun kapal saat di lautan ada kerusakan  pada ramp door lantaran  seal pompa hidroliknya bocor," ujarnya kepada wartawan pada Jumat, (21/4/2023).

Mengetahui hal itu lanjut Handjar, kapal berupaya diperbaiki selama 2 jam. Waktu normal berlayar dari Ciwandan ke Bakauheni adalah 2 jam.  Dengan adanya  perbaikan itu, kapal mengalami keterlambatan keberangkatan," tuturnya.

Menurut dia, keselamatan pelayaran yang paling penting, karena itu, kapal sebelum berangkat  harus diperbaiki dulu. " Perbaikan memerlukan waktu sekitar 2 jam, sehingga terjadi keterlambatan pemberangkatan kapal Raja Rakata sekitar 2-3 jam," kata Handjar.

Meski demikian, usai dikerjakan 2 hingga 3 jam kapal langsung diberangkatkan. "Keselamatan penumpang adalah nomor satu. Saat proses pemuatan diketahui ada kebocoran pada seal. Karena itu pihak pelayaran diminta segera memperbaiki kemudian usai oke kapal diizinkan berlayar," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut