get app
inews
Aa Read Next : Achmad Dimyati Bacalon Gubernur Banten Bertekad Gratiskan Sekolah dari TK hingga S3

Rekayasa Lalu Lintas, Polisi Lakukan Penyekatan Truk Menuju Pelabuhan Ciwandan

Minggu, 16 April 2023 | 10:33 WIB
header img
Guna menghindari kepadatan volume kendaraan di area pelabuhan, Satlantas Polres Cilegon memberlakukan sistem kantung parkir sementara di jalur arteri Jalan Lingkar Selatan. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Guna menghindari kepadatan volume kendaraan di area pelabuhan, Satlantas Polres Cilegon memberlakukan sistem kantung parkir sementara di jalur arteri Jalan Lingkar Selatan yang merupakan jalur menuju Pelabuhan Pelindo II Ciwandan, Kota Cilegon, Banten. Akibat menumpuknya kendaraan membuat  antrian truk hingga mencapai lebih dari 2 kilometer.

Apalagi jalur menuju Pelabuhan Ciwandan juga dilintasi kendaraan menuju Kabupaten Serang yang juga banyak dikintasi truk berukuran besar milik perusahaan.

Kondisi arus lalu lintas di simpang tiga Jalan Lingkar Selatan terpantau ratusan truk ekspedisi tujuan Sumatera berjejet dan berhenti di bahu jalan yang merupakan upaya penyekatan untuk mengantisipasi adanya kepadatan di area pintu masuk pelabuhan.


Rekayasa Lalu Lintas, Polisi Lakukan Penyekatan Truk Menuju Pelabuhan Ciwandan. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Hal ini dilakukan karena Pelabuhan Ciwandan tidak memiliki kantung parkir yang memadai, apalagi kapasitas daya tampung kendaraan hanya berkisar 30 persen jika dibandingkan dengan Pelabuhan Merak, Banten yang memiliki daya tampung kendaraan hingga mencapai 5 ribu lebih.

Briptu Lisa Savitha, Petugas Satlantas Polres Cilegon mengatakan bahwa truk akan dialirkan ke pelabuhan apabila kondisi sudah mulai lengang. "Truk juga akan kembali disekat jika kondisi pelabuhan mulai padat oleh aktivitas angkutan," ucapnya Minggu, (16/4/2023).

Sementara Rizky salah seorang kernet truk tujuan Padang Sumatera Barat mengaku perjalanan menuju Bakauheni dari Pelabuhan Ciwandan lebih cepat dibanding Pelabuhan Merak. "Lebih cepat, pasalnya di tempat ini jarak waktu antri dan masuk ke dalam lambung kapal dirasa tidak terlalu lama," tuturnya.

Para awak truk meminta kepada pihak Pelabuhan Ciwandan agar mrmperbaiki jalan rusak yang masih banyak di sepanjang jalur menuju Pelabuhan Ciwandan.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut