get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Keluarkan Asap Kawah Warna Putih hingga 300 Meter

Minggu, 09 April 2023 | 12:57 WIB
header img
Gunung Anak Krakatau Erupsi. Foto PVMBG

SERANG, iNewsPandeglang.id - Aktivitas Gunung Anak Krakatau cukup tinggi. Sejak   Minggu, (9/4/2023),  periode pengamatan pukul 06.00 hingga 12.00 WIB terjadi erupsi.

Gunung yang berada di Selat Sunda ini mengeluarkan asap putih hingga 300 meter dari puncak.

Berdasarkan catatan  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG)  melaporkan ada aktivitas vulkanik berupa abu berwarna putih yang keluar dari kawah dengan ketinggian hingga 300 meter dari puncak gunung.

"Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan hitam dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 50-300 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah ke arah timur laut," tulis PVMBG dalam keterangannya Minggu, (9/4/2023).

Pada periode pengamatan kondisi cuaca cerah hingga mendung, angin lemah ke arah timur laut. Suhu udara sekitar 26.3-29°C. Kelembaban 43-52 persen dan keadaan ombak laut tenang.

"1 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 70 mm, dan lama gempa 25 detik.1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 2-30 mm, dominan 8 mm," tulisnya lagi.

Laporan disusun oleh Ade Yasser Akhmad Purwata, petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati G. Anak Krakatau yang ststus siaga Level III atau beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut