get app
inews
Aa Read Next : Gimmick Klakson & Dim Challenge Meriahkan Pemudik yang Masih Ramai di Pelabuhan Merak

Reservasi Tiket Ferry Lebih Awal, Pengamat Transportasi Sebut Kolaborasi Manajemen Mudik yang Apik

Minggu, 02 April 2023 | 20:36 WIB
header img
ASDP Terus Sosialisasi Reservasi Tiket Ferry Lebih Awal. Foto Istimewa

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pengamat transportasi dari Institut Teknologi Sumatera (Itera) Ilham Malik merespon positif atas langkah  ASDP yang terus sosialisasi reservasi tiket ferry lebih awal. Dia menyebut hal itu sebagai kolaborasi manajemen mudik yang apik dengan  menghadirkan layanan angkuta penyeberangan yang prima.

Ilham yang akrab disapa itu pun optimis layanan mudik dan arus balik dengan kapal penyerangan khususnya di lintas Merak-Bakauheni pada masa Angkutan Lebaran 2023, bakal lebih baik dari Lebaran 2022.  Layanan penyeberangan periode Angkutan Lebaran tahun 2023 dipastikan akan lebih baik dibandingkan tahun lalu, menyusul telah dilakukannya sinergi dan kolaborasi dalam manajemen mudik maupun arus balik oleh seluruh stakeholder demi kelancaran, keamanan, ketertiban dan keselamatan seluruh pengguna jasa.

Diketahui sebelumnya General Manager PT Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto menyampaiakan bahwa dengan tingginya prediksi peningkatan arus mudik tahun ini, maka ada langkah yang luar biasa dan manajemen mudik tahun ini harus lebih baik.

Menurutnya, pelabuhan Ciwandan menjadi pelabuhan yang dikhususkan mengangkut sepeda motor pada mudik lebaran tahun ini. Para pemudik yang menggunakan sepeda motor tak lagi menyeberang ke Pulau Sumatera lewat Pelabuhan Merak.

Selanjutnya Ilham mengatakan, pemerintah bersama dengan seluruh operator penyeberangan dan stakeholder lainnya yang bertanggung jawab pada manajemen mudik dan arus balik Lebaran 2023 terutama di penyeberangan Jawa-Sumatera sudah mendapatkan lesson learned yang krusial,  dari fenomena mudik Angkutan Lebaran tahun lalu.

"Perlu sinergi dan kolaborasi, khususnya manajemen mudik yang baik, sehingga setiap antisipasi dan perencanaan  yang telah disusun untuk diimplementasikan pada layanan Angkutan Lebaran 2023 diyakini bisa mendukung kelancaran," ujarnya Minggu, (2/4/2023).

Termasuk lanjut dia, meminimalisir dampak dari tingginya volume kendaraan yang akan menggunakan layanan penyeberangan di Merak-Bakauheni. Pasalnya, jumlah volume pemudik dan kendaraan pada tahun ini akan lebih tinggi dari tahun lalu.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut