get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Update! Gunung Anak Krakatau Erupsi, Teramati Letusan Asap Hitam hingga 300 Meter

Kamis, 30 Maret 2023 | 09:42 WIB
header img
Gunung Anak Krakatau Erupsi, Teramati Letusan Asap Hitam hingga 300 Meter. Foto PVMBG

SERANG, iNewsPandeglang.id - Aktivitas Gunung Anak Krakatau pada Kamis, (30/3/2023) periode pengamatan pukul 00.00 hingga 06.00 WIB terjadi erupsi. Gunung yang berada di Selat Sunda ini mengeluarkan abu letusan dengan tinggi 300 meter dan warna asap hitam. 

Hal tersebut sebagaimana dilaporkan oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG)  melaporkan ada aktivitas vulkanik berupa abu teramati letusan dengan tinggi 300 meter  dan warna asap hitam.

" Visual, Gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.Teramati letusan dengan tinggi 300 m dan warna asap hitam. CCTV jelas teramati asap putih tebal tekanan lemah-sedang 50-150 m" tulis PVMBG dalam keterangan tertulis diterima.

Letusan
(Jumlah : 1, Amplitudo : 50 mm, Durasi : 111 detik)

Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-18 mm (dominan 4 mm).

Pada pengamatan ini kondisi cuaca mendung. Angin bertiup lemah ke arah tenggara. Suhu udara 26.5-27.1 °C dan kelembaban udara 71-80 persen dan keadaan ombak laut tenang juga teramati sinar api kurang lebih 50-100 meter.

Laporan disusun oleh Anggi Nuryo Saputro, A.Md., petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati G. Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif.  

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut