get app
inews
Aa Read Next : Gegara Angin Ribut, Pohon Tumbang hantam 3 Mobil Parkir di Bonakarta Cilegon

Urai Kepadatan Angkutan Lebaran 2023 di Merak, Kemenhub Siapkan 2 Pelabuhan

Rabu, 29 Maret 2023 | 22:39 WIB
header img
Urai Kepadatan Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Kemenhub Siapkan 2 Pelabuhan. Foto Pelabuhan Merak/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Untuk mempersiapkan angkutan Mudik Lebaran 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan  mengoperasikan dua pelabuhan untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak, Banten

Sebagaimana pernah disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja di Merak pada Sabtu, (11/3/2023) lalu bahwa ada  beberapa hal yang pihaknya  koordinasikan yakni melakukan penambahan jumlah pelabuhan sudah disepakati yaitu Pelabuhan Ciwandan dan satu lagi dari Indah Kiat. jadi dari tujuh menambah jadi tujuh lagi. 

"Hal lain yang harus kita lakukan bisa terkontrol dengan  baik, melakukan manajemen jumlah penumpang dengan baik, serta menganjurkan agar mereka yang  akan menggunakan kapal penyebrangan membeli tiket satu hari sebelumnya," kata Mehub tegas.

Menurutnya, Pelabuhan Ciwandan akan difungsikan sebagai Pelabuhan tambahan untuk mengurai kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Merak. Selain itu, Pelabuhan Indah Kiat Cilegon dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya di Bandar Lampung menjadi alternatif untuk mengurai lalu lintas kendaraan di Bakauheni.

Pelabuhan Merak sendiri pihak ASDP menyiapkan 68 kapal dengan tujuh dermaga, sedangkan untuk Pelabuhan Pelindo Ciwandan menyiapkan lima dermaga dengan 12 kapal ferry, dan kapal ini direncakan dari Ciwandan akan turun di Bakauheni Lampung. 

Dengan kondisi demikian saat ini dua pelabuhan tersebut sedang melakukan persiapan fasilitas untuk para pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera. Mulai dari akses jalan masuk, areal parkir sampai tempat ibadah dan toilet umum. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut