get app
inews
Aa Read Next : Rumah Ludes Terbakar, Warga di Wanasalam Lebak Hanya Punya Pakaian di Badan

Diduga Korsleting Listrik, Kobong Ponpes di Sajira Lebak Ludes Terbakar

Rabu, 29 Maret 2023 | 01:56 WIB
header img
Kobong Ponpes di Sajira Lebak Kebakaran. Foto Ilustrasi SINDOnews

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Kebakaran melanda sebuah Kobong (bangunan tempat tinggal) Pondok Pesantren (Ponpes) Anwariyah Idrus milik KH. Nunung di Kampung  Pajagan, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten. Insiden terjadi sekitar jam 22.00 WIB Selasa, (28/3/2023).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lebak, Iwan Darmawan mengatakan bahwa kebakaran tersebut diduga berasal dari korsleting listrik.

"Ya api diduga akibat konsleting listrik sedangkan kobong tersebut terbuat dari bahan material kayu dan bilik sehingga  langsung terbakar," ujarnya saat dihubungi.


Petugas Damkar Lebak bersama warga melakukan pemadaman Ponpes yang terbakar di Desa Pajagan, Sajira, Lebak pada Selasa, (28/3/2023) malam. Foto Istimewa

 

Iwan menjelaskan akibat peristiwa itu  tempat tidur para santri satu lokal yang disekat menjadi 5 kamar tidur ludes terbakar. Sewaktu kebakaran terjadi para santri berada di majlis sedang melaksanakan pengajian ( MIKRA )  sehingga tidak mengetahui awal mula kebakaran tersebut dan tiba- tiba api sudah besar.

Pada pukul  22.00 WIB  kemudian para santri bergotong royong memadamkan api dengan alat seadanya dan petugas Damkar Lebak  yang mendapat laporan langsung melakukan pemadaman. Api berhasil dipadamkam  pada pukul 22.30 WIB.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, Damkar Lebak  menerima laporan pada pukul 22.15. Kemudian 5 Personil meluncur ke lokasi yaitu Ade Apriyadi, Ahmad Rifa'i, Asep Johari, Rian Nopriandi dan Fajar Ro'up Tanjil. Sementara Moch. Lili Firdaus standby di Mako.

Akibat peristiwa ini korban menderita kerugian materi sekitar Rp60 juta berupa bangunan yang terbuat dari kayu dan kitab-kitab sedangkan untuk  korban Jiwa tidak ada. "Situasi saat ini sudah hijau. Alhamdulillah korban jiwa enggak ada," pungkasnya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut